Rusmadi : Data Berperan Percepat Pelaksanaan Pembangunan

Sekprov Rusmadi (tengah) dan Mariman Darto bersama Tim Kampanye Aksi Reformasi Birokrasi Nasional. (syaiful/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA - Sebanyak 25 peserta Pelatihan Reform Leader Academy (RLA) Angkatan X Tahun 2017 yang juga Tim Kampanye Aksi Reformasi Birokrasi Nasional diterima Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim Dr Rusmadi.

Kunjungan tim kampanye ini diprakarsai Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur (PKP2A) Lembaga Administrasi Negara (LAN) dengan tema Akselerasi Integrasi Data untuk Mewujudkan Pemerintah yang Akuntabel.

Pada kesempatan itu, Rusmadi mengungkapkan ketersediaan data lengkap yang akurat dan objektif memegang peran strategis dalam memacu pelaksanaan percepatan pembangunan di daerah.

"Mustahil kebijakan pembangunan tanpa melalui perencanaan yang didukung dengan data akurat dan objektif," katanya di Ruang Tepian 2, Senin (2/10).

Perencanaan yang baik lanjut Rusmadi, tentu memerlukan dukungan atau ketersediaan anggaran yang juga harus didukung ketersediaan data yang valid.

Menurut dia, selama ini Pemprov Kaltim telah membangun sistem data terintegrasi khususnya data-data terkait berbagai kegiatan yang dilakukan pemerintah.

Karenanya pemerintah merasa ketersediaan data terintegrasi dan valid sangat penting dan strategis dalam mendukung kesuksesan pelaksanaan pembangunan melalui perencanaan dan penganggaran terukur.

"Tidak mungkin program-program yang sudah dibuat bagus secara terukur dengan lokus yang jelas tanpa disertai dan didukung sistem monitoring dan evaluasi anggaran dan data," jelasnya.

Rusmadi menambahkan dengan sistem monitoring dan perencanaan serta penyusunan anggaran yang terukur maka Kaltim sukses meraih berbagai penghargaan nasional. Diantaranya, sistem monitoring melalui TEPPRA terkait daya serap anggaran tinggi meraih penghargaan terbaik pertama nasional.

Selain itu, sistem informasi perencanaan pembangunan daerah yang terintegrasi dengan SIMDA antara e-Planning dan e-Buggeting meraih penghargaan Bappenas berupa Pangripta Nusantara. 

Sementara sistem data bukan hanya statistik saja tetapi data riil atau kondisi di lapangan terlihat melalui sistem informasi geospasial akhirnya Kaltim dari Badan Informasi Geospasial meraih penghargaan Bhumandala terbaik pertama. 

Hadir mendampingi peserta pelatihan RLA Angkatan X, Kepala PKP2A LAN Kaltim Dr Mariman Darto, Ketua Pelatihan RLA Angkatan X Dr Muchlis dan presenter Kampanye Reformasi Birokrasi Nasional Pelatihan RLA  Ahmad Ghufron.  

Peserta pelatihan terdiri dari Kementerian Keuangan, Kemen PANRB, Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Polri, Kejaksaan, LAN dan BPKP. (yans/sul//es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation