Rusmadi: Kita Tunggu DPRD

Pemprov Sudah Siapkan Raperda RTRWP

SAMARINDA – Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi MS mengungkapkan rangkaian panjang pengesahan Rancangan Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) Kaltim di tingkat pusat telah dilalui. Saat ini Pemprov Kaltim telah menyiapkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) RTRWP Kaltim untuk segera disahkan menjadi Perda oleh DPRD Kaltim.

“Kita masih menunggu DPRD Kaltim. Jika sudah terbentuk kelengkapan terutama unsur pimpinan dan komisi di DPRD, kita siap untuk bertemu. Karena walaupun ini pernah dibentuk Panitia Khusus (Pansus) RTRWP, namun dengan perubahan-perubahan pada unsur DPRD, nanti apakah DPRD memerlukan Pansus atau tidak. Karena ini sudah proses panjang, silahkan itu keputusan mereka,” ungkap Rusmadi, Senin (3/10).

Rusmadi mengatakan Raperda RTRWP posisinya sudah siap. Saat ini Pemprov Kaltim melakukan konsolidasi dan penyesuaian terutama terkait pemisahan wilayah antara Kaltim dan Kalimantan Utara (Kaltara).

“Kita sudah sepakat dalam hal batas. Dalam SK 718/Menhut-II/2010 kawasan hutan masih total, yakni kawasan hutan provinsi Kaltim dan Kaltara atau luasan seluruhnya. Dengan RTRWP tidak bisa, harus RTRWP Kaltim dan RTRWP Kaltara. Dan ini sudah sepakat. Terutama untuk pemanfaatan fungsi kawasan jangan berbeda antara Kaltim dan Kaltara,” katanya.

Rusmadi menegaskan Raperda RTRWP Kaltim sudah siap dan pada kesempatan pertama konsultasi antara Pemprov dan DPRD, tata ruang bersama dengan anggaran akan mendapatkan porsi utama.

“Kita tunggu DPRD. Yang jelas saya sudah komunikasikan dengan pimpinan DPRD,” tegasnya.

Sebagai informasi, sejak disahkan oleh DPR RI pada pertengahan 2014 lalu, Pemprov Kaltim telah menyiapkan Raperda yang mengakomodasi RTRW. Dengan demikian, tinggal satu tahapan lagi melalui DPRD untuk dapat persetujuan Menteri Dalam Negeri.

“Revisi RTRW penting bagi Kaltim. Pemerintah tak mungkin merencanakan pembangunan tanpa RTRW. Pembangunan mesti menyesuaikan tata ruang,” pungkasnya. (her/es/hmsprov).

///FOTO : H Rusmadi

 

Berita Terkait