Rusmadi Minta Bentuk Forum Desa

SAMARINDA - Desa berada dalam posisi strategis. Bangsa yang besar adalah bangsa yang desanya maju. Membangun desa sama dengan membangun bangsa, dimana kemajuan negara  terletak pada kemajuan desanya. Oleh karena itu kemajuan desa harus menjadi prioritas dalam pembangunan ke depan.

Posisi   sebagai pengelola pemerintahan desa tentu memiliki tugas dan tanggungjawab yang berat, maka dari itu, perlu ada Forum Desa, karena pemerintahan desa bersentuhan langsung dengan masyarakat desa. Disarankan melalui Badan Pemberdayan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim dapat dibentuk Forum Desa. Forum ini sangat diperlukan dalam informasi dan komunikasi menjadi penting untuk mengatasi berbagai  persoalan yang dihadapi di desa.

Kepala desa atau kepala kampung tentu sangat mengetahui seluk beluk desa yang mereka pimpin. Berbagai persoalan yang dihadapi harus diketahui oleh para  camat, bupati/walikota, bahkan oleh gubernur sebagai kepala daerah dan wakil pemerintah pusat di daerah. 

"Tanpa informasi tentu  komunikasi tidak akan bisa jalan. Karena itu melalui BPMPD akan kita bangun  sebuah Forum Desa. Kita ingin apa yang dilakukan terkait gugus kendali itu bisa berjalan," kata Rusmadi saat membuka  Sosialisasi Peraturan Gubernur (Pergub) Kaltim  Nomor 63 Tahun 2015 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Keuangan Pemerintah Desa di Provinsi Kaltim yang dilaksanakan di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (16/2).

Dikatakan, Forum Desa, nantinya bisa menjadi media komunikasi untuk para kepala desa yang langsung bersentuhan langsung dengan masyarakat. Forum ini sangat penting dalam masukan informasi dan komunikasi yang akan dilakukan kepala desa baik untuk camat, bupati maupun kepada gubernur dalam masukan-masukan program pembangunan desa.

"Forum Desa ini akan memperpendek jarak baik antara camat, bupati maupun kepada gubernur. Forum ini akan memberikan ruang komunikasi kepada Pemprov yang seharusnya untuk terus menerus memantau denyut nadi pembangunan, khususnya kesejahteraan masyarakat bisa terpantau langsung," papar Rusmadi. (mar/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation