Rusmadi Pimpin Ikapakarti Kaltim


SAMARINDA-Penyelenggaraan  Musyawarah Besar (Mubes) III DPP Ikatan Paguyuban Keluarga Tanah Jawi  (Ikapakarti) Kaltim priode 2016-2020 memilih  secara aklamasi Dr H Rusmadi (Sekprov Kaltim)  menggantikan Ketua Umum Ikapakarti sebelumnya H Bambang Susilo.

Setelah mendapat kepercayaan memimpin paguyuban tersebut, Rusmadi    menyatakan akan bekerja keras memanggul amanah dengan baik, hingga pada gilirannya  Ikapakarti Kaltim dapat mengambil peran dan fungsi dengan baik, terutama mendukung program pembangunan yang sedang giat-giatnya dilaksanakan dalam era kepemimpinan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak menuju Kaltim maju 2018.

"Selain itu, perlu juga menumbuhkembangkan jiwa dan  semangat membangun. Keluarga besar Ikapakarti hendaknya  terus menggelorakan semangat persatuan,  solidaritas dan kebersamaan di lingkungan paguyuban," kata Rusmadi usai pelaksanaan Mubes III DPP Ikapakarti Kaltim, yang berlangsung  Ruang Serba Guna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (30/7).  Acara tersebut dibuka Sekprov Rusmadi mewakili Gubernur Awang Faroek Ishak yang berhalangan hadir.      

Dikatakan, Provinsi Kaltim terdiri beragam etnis  baik asli maupun para pendatang. Penduduknya pun menganut agama berbeda dengan adat istiadat dan budaya berbeda.

Meski demikian, kehidupan masyarakat Kaltim pada umumnya hingga kini tetap aman dan damai dalam suasana yang harmonis. Kondisi ini bisa diciptakan karena semua etnis dan agama bisa hidup berdampingan yang didasari oleh semangat kebersamaan, kepedulian, gotong royong dan dalam solidaritas yang tinggi.

Keluarga besar masyarakat Kaltim tidak mengenal perbedaan, tidak mengenal pengelompokan etnis, tidak ada istilah warga kelas satu atau  kelas dua. Semuanya mempunyai hak yang sama baik dimata hukum, di dalam pemerintahan  maupun di dalam pergaulan masyarakat pada umumnya.  

Sebagai warga pendatang, diyakini etnis Tanah Jawi  dan keluarga  Ikapakarti di Kaltim selalu memegang petuah, "Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung". Artinya, warga yang tergabung di dalam keluarga besar Ikapakarti akan senantiasa hormat dan menghargai penduduk lokal serta lebur sebagai bagian yang tidak terpisahkan di dalam pergaulan sesama keluarga masyarakat Kaltim.

"Oleh karena itu, momentum Mubes III DPP Ikapakarti Kaltim hendaknya juga dapat menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat Tanah Jawi serta seluruh masyarakat Kaltim untuk senantiasa meningkatkan kerukunan, menjaga stabilitas keamanan dan ketertipan di dalam masyarakat," pesan Rusmadi.  

Dia juga mengimbau kepada keluarga besar Ikapakarti Kaltim maupun paguyuban serta ormas di Kaltim untuk bersama-sama  bersatu padu membangun, bekerja, berkarya sesuai tugas dan profesi   masing-masing yang pada akhirnya dapat mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka berdaulat  adil dan makmur. 

"Tingkatkan terus kualitas sumber daya manusia para pengurus dan anggota yang terhimpun di dalam Ikapakarti, buat dan laksanakan program-program yang sederhana relevan dapat diterima anggota. Terpenting bisa memberikan manfaat kepada anggota Ikapakarti Kaltim, jalin terus kemitraan, koordinasi dan kerjasama yang baik dengan pemerintah maupun ormas lainnya, sehingga Ikapakarti bisa terus eksis sepanjang masa," harap Rusmadi. (mar/sul/humasprov)  

Berita Terkait