Rusmadi: Progres Pembangunan Dapat Dikontrol Lewat Handphone

Pemprov Kembangkan Aplikasi Online TEPPA

SAMARINDA – Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi mengungkapkan perencanaan yang berkualitas menjadi kunci utama pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan. Selain itu, juga diperlukan konsolidasi dan koordinasi antara seluruh pemangku kepentingan sehingga dapat diketahui apa saja kendala yang dihadapi bila terjadi masalah.
“Konsolidasi antara SKPD lingkup Pemprov memiliki peran penting dan strategis dalam upaya mensukseskan program pembangunan, sehingga program pembangunan yang telah direncanakan oleh berbagai SKPD dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan,” ujar Rusmadi, akhir pekan lalu.  
Menurut dia, sejak dibentuk Tim Evaluasi dan Pengawasan Penyerapan Anggaran (TEPPA) pada 2012 lalu, ditambah dengan penggunaan aplikasi Sistem Monitoring (Sismon) TEPPA secara online yang dikembangkan oleh TEPPA Kaltim, seluruh program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD lingkup Pemprov dapat termonitor dan terevaluasi dengan baik.
“Dengan aplikasi online TEPPA ini, kita dapat mengefisensi waktu, tenaga maupun biaya dalam pengendalian program pembangunan Kaltim. Progres dan kendala proyek dapat langsung diketahui pimpinan kapan pun dan dimana pun mereka berada, hanya melalui handphone yang dipakai sehari-hari,” jelasnya.
Diketahui, sistem aplikasi TEPPA yang digunakan dalam rangka memfasilitasi pelaksanaan monitoring evaluasi dan pengawasan penyerapan anggaran pembangunan yang bersumber dari dana APBD, yang dilaksanakan oleh masing-masing SKPD sesuai dengan tugas fungsi masing-masing, dalam rangka pencapaian sasaran Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kaltim.
Dalam aplikasi TEPPA, dapat dipastikan sasaran, target pembangunan dan indikator capaian, dapat dicapai secara maksimal dalam rentang waktu rencana yang tepat. Dengan aplikasi TEPPA juga diharapkan mampu menjaga konsistensi antara pelaksanaan (realisasi) sesuai dengan rencana.
Selanjutnya, dapat mengetahui perkembangan, yakni kemajuan fisik kegiatan, daya serap anggaran, penanganan masalah yang timbul di lapangan, hasil monitoring lapangan dan pencapaian indikator kinerja kegiatan. Dan yang terpenting dapat menilai kinerja SKPD dan kegiatannya.
“Kita harapkan dengan aplikasi TEPPA, seluruh SKPD dan perangkat pendukung lingkup Pemprov Kaltim, memiliki sistem dalam melaporkan kegiatan pembangunan di SKPD yang bersumber dari dana APBD secara periodik dan cepat,” pungkasnya. (her/hmsprov)

///FOTO : H Rusmadi
 

Berita Terkait