Russian Railway Seriusi Bangun Jalur Kereta Api Kaltim

SAMARINDA – Perusahaan Russian Railway yang bergerak di bidang pembangunan rel kereta api melalui anak perusahaannya PT  Kereta Api Borneo secara intensif terus melakukan koordinasi dengan Pemprov Kaltim.  
Direncanakan, pada 9 Oktober nanti Presiden Direktur (Presdir) Russian Railway Vladirmir Yakunin bertemu Gubernur Awang Faroek Ishak untuk membicarakan keseriusan pihak perusahaan untuk membangun jalur kereta api di Kaltim,” kata  Perwakilan Kaltim PT Kereta Api Borneo, HM Yadi Sabianoor, belum lama ini.
Menurut dia, Presdir Russian Railway bersama beberapa petinggi perusahaan kereta api Rusia ini akan menyampaikan kesiapan pihak perusahaan untuk melanjutkan pembicaraan untuk realisasi pembangunan jalur kereta api di Kaltim.
Bahkan, untuk menunjukkan keseriusan pihaknya tidak kurang Rp25 triliun sudah disiapkan guna mendukung realisasi pembangunan jalur kereta api yang dilaksanakan dari Kabupaten Kutai Barat (batas Kaltim-Kalteng) hingga Balikpapan sepanjang 165 kilometer.
Terkait rencana ini pihak Russian Railway sangat berharap rencana investasi ini segera mendapat dukungan semua pihak baik pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten dan kota yang dilalui jalur kereta api tersebut.
Misalnya, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan memberikan kemudahan perijinan untuk kereta api barang khususnya batu bara. Diharapkan ada bantuan perijinan sehingga ada percepatan proses untuk realisasi kegiatan di lapangan.
Sedangkan bantuan dan dukungan pemerintah daerah selain ijin yang berkaitan kewenangan pemerintah setempat juga memberikan pemahaman atau sosialisasi bagi warga masyarakat yang lahanya terkena jalur pembangunan rel kereta api.    
“Survey lapangan hingga Teluk Balikpapan, survey bahan pendukung dan bahan baku untuk pembangunan rel kereta api sedang dilakukan. Pada 2015 diharapkan pembangunan sudah bisa dimulai. Jika tidak ada halangan, sekitar  2017-2018 sudah dapat digunakan untuk keperluan angkutan barang,” jelas Yadi. (yans/hmsprov)

//FOTO : Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak saat menerima Pimpinan Russian Railway Andrey Shigaev beberapa waktu lalu.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation