Saat Ramadan, Wagub Ajak Masyarakat Ikuti Anjuran Pemerintah

Wagub Hadi Mulyadi

SAMARINDA - Bulan Ramadan tahun ini akan sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Penyebabnya, apalagi kalau bukan virus corona yang saat ini melanda dunia, termasuk Indonesia.  

Gara-gara virus berbahaya dari China itu, pemerintah kemudian mengimbau masyarakat untuk tidak melaksanakan salat tarawih, buka puasa bersama maupun tadarus Alquran di masjid, musala dan langgar. 

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi  mengimbau masyarakat agar  dapat melaksnakan anjuran pemerintah tersebut. Beribadah dan bekerja di rumah saja. Diakuinya, ini pasti tidak nyaman. Namum menurut Hadi, ini sebuah takdir dan kenyataan yang harus dihadapi bersama.

“Semoga dengan ketaatan terhadap anjuran pemerintah, kita bisa melewati pandemi Covid-19 dengan cepat, sehingga semua sektor bisa pulih dan normal kembali. Kita juga bisa kembali beribadah di masjid dan musala lagi,” kata Hadi Mulyadi, Kamis (16/4/2020).  

Penyebaran wabah virus corona atau banyak disebut Covid-19 ini memang tidak diduga sebelumnya. Karena itu Hadi mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk   melaksanakan anjuran pemerintah pusat dan daerah untuk mencegah penyebaran virus ganas dan berbahaya ini.

Di antaranya dengan menaati anjuran Menteri Kesehatan untuk menjaga pola hidup sehat, tidak berpergian ke luar rumah jika tidak ada kepentingan yang mendesak, termasuk mudik (pulang kampung).

Selalu menjaga kesehatan, jaga lingkungan, jaga diri dengan selalu  mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, dan memakai masker bila bepergian ke luar rumah. 

Selain itu, dalam menjalankan ibadah puasa, Hadi Mulyadi  mengharapkan masyarakat untuk mematuhi Surat Edaran Menteri Agama berupa panduan beribadah yang sejalan dengan syariat Islam sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi  masyarakat muslim dari risiko penularan Covid-19.

“Panduan dari Kementerian Agama untuk umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, dengan melaksanakan sahur dan buka puasa sendiri atau bersama keluarga. Tidak menggelar acara sahur di jalan atau  buka puasa bersama,” tandasnya.

Selain taat dengan ajuran pemerintah, Wagub Hadi Mulyadi  mengharapkan seluruh  masyarakat Kaltim untuk terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir dan masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti semula. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait