Sa'bani Pastikan Hasil Monitoring Tim, Pelaksanaan UNBK SMA/MA Kaltim Berjalan Lancar.

SAMARINDA - Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer maupun Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNBK/UNKP) jenjang SMA/MA di Kaltim tahun ini berlangsung lancar. 

Hal itu dipastikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kaltim yang juga Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim HM Sa'bani sesuai monitoring ke sejumlah SMA/MA di Samarinda dan laporan Panitia UNBK/UNKP  yang dilakukan mulai pelaksanaan hingga saat ini.

"Pelaksanaan ujian dimulai sejak 1-8 April 2019. Alhamdulillah sejak dimulai Senin lalu, UNBK maupun UNKP berjalan lancar dan tak terkendala apapun," kata Sa'bani di Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (4/4). 

Sa'bani mengungkapkan pelaksanaan khusus UNBK SMA/MA diketahui ada yang melaksanakan satu dan dua sesi. Sebab ada sekolah bergabung dengan sekolah lain yang memiliki fasilitas komputer. 

Di Kaltim, diketahui memang tidak semua sekolah yang memiliki fasilitas komputer, sehingga ada yang bergabung dengan sekolah lain. Ke depan, Pemprov mengupayakan penambahan fasilitas masing-masing sekolah dengan menyesuaikan alokasi anggaran daerah. Pemprov uga berharap adanya dukungan pusat membantu pengadaanfasilitas berupa komputer bagi sekolah-sekolah

Selain itu, menyukseskan penyelenggaraan UNBK/UNKP,. Tim Dinas Pendidikan Kaltim telah melakukan monitoring ke kabupaten dan kota, termasuk ke Mahakam Ulu.

"Kami berharap pelaksanaan ini hingga berakhir nanti berlangsung sukses dan lancar tanpa kendala apapun," jelasnya. 

Mengenai teknis pelaksanaan UNBK tahun ini akan dilaksanakan ujian susulan bagi yang terlambat melaksanakan ujian. 

Adapun jadwal pelaksanaan UNBK/UNKP dimulai 25-28 Maret 2019 untuk jenjang SMK dan jenjang SMA/MA dimulai sejak 1-8 April 2019. Sementara UNBK/UNKP untuk SMP/Mts dimulai sejak 22-25 April 2019.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait