Sa'bani Terima Senator Komite III DPD RI, Bahas UU Pariwisata dan Penyandang Disabilitas

Sa'bani Terima Senator Komite III DPD RI (arief/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Rombongan Senator Komite III DPD RI yang membidangi kesehatan, pendidikan, kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olah raga, kesejahteraan sosial hingga pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur. 

Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua III Komite III DPD RI Muhammad Rakhman, diterima Staf Ahli Gubernur bidang Sumber Daya Alam, Perekonomian Daerah dan Kesra sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim HM Sa'bani beserta jajaran di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (12/11/2019). 

Sa'bani mengatakan selama ini Kaltim jauh dari perhatian pusat meski berkontribusi besar bagi negata. Dengan kunjungan senator ini diharapkan ada perhatian dari jajaran pusat. Karena, lanjut dia, semakin banyak perhatian pusat kepada Kaltim maka semakin semangat pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Sektor wisata alam sangat potensial, yang bisa mempromosikan Kaltim ke berbagai belahan dunia. Namun memang infrastruktur untuk akses ke objek wisata yang ada masih kurang. Diperlukan program untuk akselerasi pembangunan di Kaltim semakin cepat, khususnya di sektor pariwisata," kata Sa'bani. 

Sebelumnya, pimpinan rombongan senator asal Kalimantan Tengah Muhammad Rakhman mengungkapkan latar belakang kunjungan untuk membahas UU Nomor 10/2009 tentang kepariwisataan dan UU Nomor 8/2016 tentang penyandang disabilitas. Khususnya dalam implementasinya di daerah. 

"Komite III membidangi pariwisata dan kesra. Kami melakukan pengawasan atas pelaksanaan undang-undang tersebut di daerah. Sektor pariwisata menyerap tenaga kerja cukup banyak yang fokus di perdagangan dan penyedia makanan. Kita juga ingin tahu penyerapan tenaga kerja di Kaltim untuk sektor pariwisata, termasuk bagi penyandang disabilitas," jelas Rahman. 

Hadir, senator Komite III DPD RI Ahmad Kanedi dari Bengkulu, Rahmijati Jahja (Gorontalo), Herlina Murib (Papua), Habib Zakaria Bahasyim (Kalsel), Zainal Arifin (Kaltim), Andi Muhammad Ihsan (Sulsel) dan Shaleh Muhammad Aldjufri (Sulteng). Kepala Dinas Pariwisata Kaltim Sri Wahyuni, Plt Kepala Dinas Kesehatan Andi M Ishak, perwakilan perangkat daerah terkait lingkup Pemprov Kaltim, PHRI Kaltim dan PPDI Kaltim. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait