Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca, Wagub: Budayakan Gemar Membaca Sejak Dini

Wagub Hadi Mulyadi (Syaiful/humasprovkaltim)

SAMARINDA – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi didaulat menjadi keynote speaker sekaligus membuka acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan Kabupaten/Kota 2019 yang digelar di Gedung Olah Bebaya, Pendopo Odah Etam, Rabu (27/03/2019).

Kegiatan terselenggara atas kerjasama Perpustakaan Nasional RI dengan Pemkot Samarinda ini mengangkat tema “Pustakawan Berkarya Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat”.

Hadi menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan safari gerakan pembudayaan gemar membaca nasional ini. Menurut dia, budaya gemar membaca harus ditumbuhkembangkan sejak dini pada anak-anak. “Anak gemar membaca menjadi suatu yang harus ditumbuhkembangkan di lingkungan masyarakat kita. Karena melalui generasi gemar membaca maka mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” kata Hadi.

Hadi mengungkapkan bahwa sejak kecil, mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA dirinya selalu menjadi penjaga perpustakaan. Karena memang gemar membaca. Hal itu dilakukan tidak lain agar menambah ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya.

Hadi berharap agar pemerintah selaku leading sector dapat memfasilitasi pengembangan budaya gemar membaca ini selain dengan membangun dan mengelola perpustakaan dengan baik agar pembaca merasa nyaman dan betah, juga  menyelenggarakan lomba membaca, lomba bedah buku dan lomba membacakan cerita yang berkaitan dengan peningkatan minat baca masyarakat.

“Siapapun itu, dengan membaca dapat menambah ilmu pengetahuan. Tetapi kita harus membuat frame membaca yang baik. Supaya kita bisa menyaring mana yang benar, mana yang baik dan mana yang bermanfaat,” jelas Hadi.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI diwakili Inspektorat Perpusnas RI Darmadi mengatakan perpustakaan menjadi sahabat terbaik bagi masyarakat, guna mengembangkan potensi masyarakat yang bermental budaya gemar membaca.

“Peningkatan budaya gemar membaca dalam rangka mewujudkan masyarakat yang cerdas, kompetitif dan inovatif. Untuk itu diperlukan upaya terprogram terarah dan berkelanjutan. Salah satunya melalui safari gerakan nasional budaya gemar membaca ini ke seluruh daerah di Indonesia, termasuk di Samarinda ini,” kata Darmadi.

Pada kesempatan ini, Puji Setyowati Syaharie Jaang dikukuhkan oleh Inspektur Perpusnas RI Darmadi sebagai Bunda Baca Samarinda. Dengan harapan dapat menjadi role model dan menginspirasi masyarakat Samarinda agar menjadi lebih gemar membaca.

Turut hadir, anggota Komisi X DPR RI Zuhdi Yahya, Staf Ahli Walikota Samarinda Sucipto Wasis, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim HM Aswin, Kepala Dinas Perpustakaan Samarinda dan tokoh literasi Kaltim Syafruddin Pernyata. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait