Saksikan MoU Kompetensi SDM Perhotelan, Meiliana : Ciptakan Tenaga Terampil Dukung Industri Pariwisata

Plt Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana (syaiful/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementeriaan Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan kerjasama dengan Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) Chapter Samarinda.

Kerjasama terkait Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Bidang Perhotelan ditandai dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama oleh kedua belah pihak di Aula Pertemuan BLK Samarinda, Senin (29/4/2019)

Plt Sekretaris Provinsi Kaltim Dr Hj Meiliana atas nama Pemprov dan masyarakat sangat mengapresiasi kerjasama peningkatan kompetensi SDM perhotelan itu.

Menurut Meiliana, bisnis perhotelan di Kaltim pada 2019 masih bisa tumbuh positif seiring dengan tingginya okupansi pada akhir 2018. "Tingkat hunian hotel terus meningkat. Kondisi ini seiring kian tingginya kunjungan wisatawan ke Kaltim. Maka, harus diimbangi ketersediaan tenaga perhotelan yang terampil dan kompeten," kata Meiliana.

Data BPS Kaltim mencatat tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang pada November 2018 mencapai 53,38 persen atau mengalami peningkatan 1,22 poin dibanding TPK Oktober 2018 yang sebesar 52,15 persen. Secara kumulatif, sebut Meiliana jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Kaltim pada periode Januari 2017 – November 2018 mencapai 7.116 kunjungan.

Plt Sekprov berharap kerjasama Ditjen Binalattas dengan IHGMA Chapter mampu menghasilkan tenaga-tenaga terampil yang mendukung pengembangan usaha perhotelan untuk industri kepariwisataan di Kaltim.

Penandatanganan dilakukan oleh Dirjen Binalattas Kemnaker Bambang Satrio Lelono dengan Ketua IIHGMA Chapter Made Widya Paramartha disaksikan Plt Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana dan Plt Sesditjen Binalattas Surya Lukita dan Kepala BLK Samarinda Andri Susila.

Hadir Dinas Nakertrans Kaltim dan Samarinda, pejabat Kemnaker, Apindo, PHRI, Kadin, Forum Pelatihan Industri dan BLK Samarinda serta pimpinan OPD di lingkup Pemprov Kaltim. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait