Saling Bersinergi Songsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

Saling Bersinergi Songsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan dengan semua potensi sumber daya alam (SDA) yang dimiliki Kaltim dan kondisi perekonomian yang semakin membaik serta didukung iklim invetasi yang kondusif, saat ini merupakan peluang untuk dapat direbut dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kalangan dunia usaha dan perbankan.

“Peluang ini harus bisa dimanfaatkan dengan baik oleh kalangan dunia usaha maupun perbankan di Kaltim. Terlebih tidak lama lagi, tepatnya pada 2015 sudah memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015, dimana Kaltim akan terlibat dalam persaingan yang sangat ketat dengan negara-negara ASEAN lain,” ungkap Awang Faroek belum lama ini.

Menurut dia, antara pemerintah daerah bersama dunia usaha dan perbankan harus bisa saling bersinergi dan dengan bekerjasama dengan baik dalam menghadapi tantangan tersebut. Apabila tidak, bukan mustahil perekonomian di daerah tidak akan berkembang dan Kaltim akan tersisih dalam kompetisi global.

Pemprov Kaltim, ujar dia pada prinsipnya akan senantiasa terbuka dan memberikan dukungan dan jaminan keamanan serta kenyamanan berusaha, kepastian hukum dan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada setiap pelaku usaha maupun para investor, baik yang datangnya dari dalam negeri sendiri maupun dari negara luar.

Demikian halnya untuk potensi SDA dan peluang investasi yang ada di Kaltim, semuanya akan terbuka lebar bagi siapa saja (negara manapun) untuk dapat mengolah dan memanfaatkannya atas dasar saling menguntungkan dengan tujuan untuk kesejahteraan rakyat, bangsa dan negara.

Sementara itu, lanjut dia, tidak kalah penting untuk mendapat perhatian bagi dunia usaha di Kaltim adalah kemampuan untuk menghadapi persaingan ketenagakerjaan, utamanya dalam masalah pengupahan yang layak yang secara langsung menentukan nasib buruh atau tenaga kerja dan juga kelangsungan dunia usaha.

“Setiap permasalahan ini hendaknya dapat diatasi dengan bijak, taat hukum dan mengutamakan kepentingan umum, sehingga Kaltim yang aman dan damai ini, senantiasa tetap dalam keadaan yang kondusif. Karena dengan itu, dunia usaha, pekerja dan masyarakat akan sama-sama diuntungkan dengan membaiknya perekonomian daerah,” harapnya. (her/sul/es/hmsprov).

 

Berita Terkait