Saling Mengingatkan Laksanakan Prokes


SAMARINDA - Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kaltim, Andi Muhammad Ishak melalui Video Conference, Jumat (10/7), melaporkan data perkembangan Covid-19 di   Kaltim.

Untuk yang terkonfirmasi positif  ada penambahan 19 kasus yaitu dari  Paser 5 kasus, Balikpapan 6, Samarinda 5,  Kukar,  Berau dan Kutim masing-masing satu kasus, sehingga kini total  sebanyak  642 kasus.

Untuk pasien yang sembuh ada penambahan  9 kasus  yaitu  Balikpapan 7,  Samarinda dan Paser masing-masing 1 kasus, sehingga total kini 477 kasus. Kemudian meninggal dunia 12 kasus dan yang masih dirawat ada 153 kasus.

Melihat data perkembangan tersebut menandahkan  penularan terus terjadi dan kecenderungannya juga masih terus ada. Oleh karena itu masyarakat perlu memahami  potensi penularan masih sangat tinggi, sehingga  perlu saling mengingatkan agar  seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemerintahan, tokoh organisasi, tokoh pemuda, maupun para politisi serta tokoh-tokoh lainnya untuk terus mengedukasi seluruh lapisan masyarakat untuk taat dan mau  melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

"Kita harus saling  mengingatkan agar mau menjalankan Prokes dalam upaya memanimalisir dan memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kaltim," tandasnya.

Andi M Ishak mengatakan, melihat dari perkembangan yang ada penyebaran kasus terkonfirmasi positif Covid-19 masih terus terjadi di wilayah Benua Etam. Hal ini menunjukkan upaya-upaya yang sudah dilakukan harus semakin ditingkatkan atau jangan sampai kendur. 

"Karena apabila kepedulian dan kedisplinan kita dalam menjalankan protokol kesehatan semakin berkurang maka peluang semakin besarnya perpindahan atau penyebaran virus akan semakin bertambah. Untuk itu, semua pihak baik secara individu maupun secara bersama harus terus melaksanakan protokol kesehatan secara patuh dan disiplin," ujarnya. (mar/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait