Salman Ungkapkan Arus Mudik Aman dan Lancar

SAMARINDA - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim H Salman Lumoindong menegaskan arus mudik lebaran  tahun ini untuk wilayah Kaltim berjalan aman dan lancar. "Alhamdulillah pelaksanaan arus mudik lebaran tahun ini berjalan aman dan lancar. Baik menggunakan angkutan umum sungai, laut, udara maupun penyeberangan cukup kondusif. Artinya sampai saat ini tidak ada gejolak yang berarti," kata Salman Lumoindong usai  acara  shalat Idul Fitri 1 Syawal 1440 H di Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarinda, Rabu (5/6/2019).

Namun demikian, lanjut Salman sempat terjadi penumpukan penumpang. Yaitu penyeberangan menuju Mamaju (Sulbar) terkait daya tampung. Tetapi hal itu sudah diantisipasi dengan ditambah dua kapal lagi sehingga berjumlah tiga kapal khususnya armada penyebrangan. "Kedepan, jalur dari Balikpapan menuju Mamaju arus mudik cukup besar. Kondisi ini menjadi perhatian kita dengan melakukan antisipasi terhadap lonjakan penumpang," tandasnya.

Sementara untuk jalur mudik lainnya di Kaltim, menurut Salman cukup kondusif, termasuk untuk angkutan udara masih stabil. "Angkutan laut kita terbantu dengan adanya bantuan kapal TNI yang mengangkut penumpang gratis menuju Surabaya. Angkutan darat dari laporan kita terima cukup kondusif dan tidak ada masalah sampai hari ini," ungkap Salman.

Untuk arus balik lebaran, tambah Salman, pihanya akan melakukan antisipasi H plus 2 (H+2) termasuk posko-posko yang dibagun dengan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian, Dinas perhubungan  kabupaten dan kota, Dinas PUPR serts dinas kesehatan yang sudah terpadu agar terus melakukan pemantauan arus balik pasca lebaran nanti. (mar/her/yans/humasprovkaltim) 

Berita Terkait
Government Public Relation