Salurkan Bantuan Sosial Rp3,4 miliar

Kunjungan Kerja Gubernur ke Wilayah Selatan


SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak akan menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat  di Kota Balikpapan, Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU) dan Paser dalam rangkaian kunjungan kerja ke wilayah selatan Kaltim, sejak kemarin Rabu (29/5).
Salah satu bantuan yang akan disalurkan berasal dari alokasi program Dinas Sosial dengan total Rp3,4 miliar. Rinciannya, Kota Balikpapan sebesar Rp999,7 juta,  Kabupaten PPU sebesar Rp1,47 miliar dan Kabupaten Paser  Rp951 juta.
"Bantuan sosial yang akan diserahkan Gubernur Awang Faroek  bersumber dari dana APBN dan APBD untuk sejumlah program sosial, yaitu kelompok Karang Taruna, alat bantu untuk lanjut usia, rumah bagi veteran, keluarga miskin dan  kelompok usaha bersama (Kube),  baik berupa barang maupun uang tunai yang disalurkan langsung ke rekening penerima," jelas Kepala Dinas Sosial Kaltim, H Bere Ali didampingi Sekretaris Dinas Sosial,  Sumarji, Rabu (29/5).
Sejumlah Bantuan di Kota Balikpapan terbagi dalam 13 item dengan bantuan terbesar pada bantuan  untuk asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar sebesar Rp208,8 juta dengan jumlah penerima 87 orang.
Bantuan lainnya yaitu kepada  Kelompok Usaha Bersama (Kube) Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan sebesar Rp200 juta kepada 20 kelompok dan bantuan rumah layak huni untuk veteran sebesar Rp180 juta yang diperuntukkan pada sembilan buah rumah.
Bantuan di Kabupaten PPU dialokasikan untuk 11 item dengan bantuan terbesar  pada 30 kelompok Kube dengan nilai Rp600 juta, disusul  bantuan untuk asistensi sosial lanjut usia bagi 65 orang dengan nilai Rp156 juta.
Sementara itu untuk Kabupaten Paser, terdapat 16 item dengan bantuan terbesar Rp600 juta diberikan kepada 30 kelompok usaha bersama, bantuan untuk rumah veteran sebesar Rp320 juta atau sebanyak 16 unit rumah dan bantuan untuk asistensi lanjut usia sebesar Rp108 juta bagi 45 orang penerima.
Besarnya bantuan yang diberikan baik berupa barang maupun bantuan langsung ke rekening penerima, diharapkan dapat mengangkat kesejahteraan dan perhatian pemerintah kepada rakyatnya. Bantuan tahun-tahun berikutnya juga diharapkan dapat menyasar masyarakat lainnya yang saat ini belum termasuk menjadi penerima bantuan.
"Kita berharap bantuan yang diserahkan Gubernur Awang Faroek ini dapat memotivasi semangat dan mental penerima bantuan untuk dapat bangkit dari kemiskinan, kesenjangan dan mendapatkan perhatian dari pemerintah baik pusat dan daerah," harapnya. (yul/hmsprov).

//Foto: Bere Ali

Berita Terkait