Samarinda dan Bulungan Juara Lomba Cipta Menu

Amelia: Konsumsi Sesuai Pola Gizi dan Kesehatan
 
SAMARINDA – Samarinda akhirnya terpilih mewakili Kaltim dan Bulungan berhak mewakili Kaltara pada ajang nasional setelah kedua daerah itu keluar sebagai juara pertama pada Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam Bergizi Seimbang dan Aman) tingkat provinsi.
Lomba cipta menu B2SA berbasis makanan khas dengan sumber daya pangan lokal merupakan kerjasama Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKKP)  Kaltim dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kaltim dalam upaya promosi dan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan.
Dalam arahannya, Ketua TP PKK Kaltim Hj E Amelia Suharni Faroek  mengatakan pola konsumsi rumah tangga diupayakan guna meningkatkan kualitas konsumsi (asupan) yang sesuai dengan norma gizi dan kesehatan yang berimbas pada peningkatan kualitas SDM.
“Konsumsi pangan dengan gizi seimbang serta beragam syarat utama bagi perkembangan organ tubuh manusia sejak dalam kandungan yang berpengaruh pada kecerdasan otak dan pertumbuhan fisik,” ujar Suharni Faroek di Aula TP PKK Kaltim, Selasa (24/9).
Dia berharap melalui lomba cipta menu B2SA ini mampu digali potensi pangan sumber karbohidrat dari lokal Kaltim sekaligus memasyarakatkan dan mengangkat citra makanan lokal dan pola konsumsi pangan yang beragam bergizi seimbang dan aman.
Selain itu, menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan dan kualitas ibu rumah tangga selaku anggota PKK dalam upaya peningkatan gizi keluarga yang lebih berkualitas, serta memberi nilai tambah (pendapatan) bagi pelaku pengolahan pangan berbasis sumber daya lokal.
Sementara itu Kepala BKPP Kaltim H Fuad Asadin mengemukakan lomba cipta menu ini bertujuan untuk mengembagkan kreativitas dan ide-ide baru dari resep  sehari-hari sesuai dengan selera masyarakat dengan berbasis sumber daya lokal.
“Melalui kegiatan ini diharapkan ibu-ibu PKK berperan aktif membantu program cadangan pangan masyarakat dengan cara mengusahakan pemanfaatan lahan untuk pemenuhan kebutuhan pangan keluarga yang berbasis pangan lokal,” ujar Fuad Asadin.
Lomba cipta menu B2SA berbasis pangan lokal tingkat provinsi diikuti 12 kebupaten dan kota masing-masing empat daerah. Tana Tidung dari Kaltara tidak ikut dan  seluruh daerah dari Kaltim, kecuali Berau dan Mahakam Ulu yang tidak berperan serta.
Selain Samarinda untuk juara kedua dan ketiga diraih Bontang dan Paser, sedangkan juata harapan diraih Kutai Barat dan Kutai Timur serta Balikpapan. Kaltara selain Bulungan untuk juara dua dan tiga diraih Tarakan dan Malinau. (yans/hmsprov).

///FOTO : Hj Amelia Faroek didampingi Hj Ruzaimah Farid menyerahkan tropi bagi juara Lomba Cipta Menu B2SA tingkat provinsi.(masdiansyah/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait