Samarinda Juara Umum, Kadispora Tutup Popprov XV 2018 Kaltim

SAMARINDA - Kontingen Pelajar Samarinda berhasil menjadi juara umum dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) XV 2018 Kaltim yang dilaksanakan sejak 24-30 September 2018 di Samarinda.

Samarinda berhasil menjadi juara umum, setelah sukses mengantongi 231 medali, terdiri dari 86 emas, 74 perak dan 71 perunggu. Posisi kedua diduduki Kutai Kartanegara  dengan 137 medali, terdiri 51 emas, 44 perak dan 42 perunggu dan di posisi ketiga kontingen Balikpapan  dengan 131 medali, terdiri 39 emas, 44 perak dan 48 perunggu.

Kadispora Kaltim M Syirajudin mewakili Pj Gubernur Kaltim Restuardy Daud ketika menutup Popprov XV mengatakan momentum Popprov dapat menjadi evaluasi dalam peningkatan prestasi olahraga di Kaltim. Prestasi olahraga sebagai cermin pembangunan karakter kualitas SDM di daerah.

"Momentum ini untuk menorehkan prestasi bagi masing-masing daerah di bidang olahraga, sekaligus sarana pembinaan dan pencarian bibit atlit berprestasi yang potensial di masa datang," kata M Syirajudin ketika menutup Popprov XV di Gor Segiri Samarinda, Minggu (30/9).

Pelaksanaan ini juga sebagai pembinaan dan dukungan kepada atlit muda beprestasi. Karena, keberhasilan pembinaan atlit tidak hanya dipengaruhi faktor latihan dan sarana prasarana latihan, tetapi juga kesempatan untuk menunjukkan kemampuan melalui kompetisi agar menambah pengalaman, mental serta meningkatkan kualitas teknik dan strategi yang diberikan pelatih.

"Karena itu, olahraga perlu ditingkatkan kualitasnya. Karena merupakan sarana pembinaan karakter bangsa yang tidak sebatas pada segi fisik saja akan tetapi juga mental," jelasnya.

Pelaksanaan Popprov dimulai dari 24-30 September 2018 diikuti 1.686 peserta dari 10 kabupaten/kota dan 19 cabor yang dipertandingkan. Hadir Walikota Samarinda Sjaharie Jaang yang secara simbolis menerima plakat medali juara umum dari Kadispora M Syirajudin. (jay/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait