Samarinda Seberang Strategis untuk Pengembangan Kota

 

SAMARINDA – Pemerintah Provinsi Kaltim terus berkomitmen mendukung pembangunan dan pengembangan wilayah di setiap kabupaten dan kota. Tidak terkecuali pembangunan dan pengembangan kewilayahan di ibukota provinsi, Kota Samarinda.

Menurut Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, Kota Samarinda saat ini sangat berkembang dan kondisi tumbuh begitu pesat, sehingga berimbas pada lingkup pemerintah kota.

“Saya rasa pemprov sudah mendorong dan selalu mendukung Pemkot Samarinda agar bisa membangun pusat pemerintahan baru. Wilayahnya ada yakni di Samarinda Seberang,” kata Awang Faroek Ishak saat menerima jajaran pengurus BPW KKSS Kaltim, Kamis (28/4). 

Gubernur meyakinkan, Samarinda Seberang merupakan kawasan yang sangat strategsi untuk pengembangan wilayah kota. Selain, wilayahnya masih luas dan tidak begitu pesat sehingga mudah dalam penataan kota. Juga, terdapat beberapa fasilitas dan sarana pendukung lainnya seperti stadion utama dan Pelabuhan Peti Kemas Palaran. 

Terlebih lanjutnya, Samarinda Seberang memiliki sejarah panjang terhadap pengembangan Kota Samarinda bahkan Provinsi Kaltim. 

“Pada masa Kerajaan Kutai. Wilayah Samarinda Seberang dikuasakan kepada masyarakat Bugis dari Sulawesi dan terus berkembang menjadi cikal bakal Kota Samarinda sekarang ini,” jelasnya. 

Awang menambahkan pengembangan wilayah kota dan pusat pemerintahan di Kaltim sudah banyak dilakukan kabupaten dan kota. Diantaranya,  Kota Bontang, Kabupaten Kutai Timur serta Kutai Barat serta Penajam Paser Utara,” sebutnya. (yans/sul/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation