Samarinda Wakili Kaltim LCM B2SA Nasional, PKK Dukung Diversifikasi Pangan

Hj Meiliana menyerahkan penghargaan Lomba Cipta Menu B2SA. (seno/humasprov kaltim)

SAMARINDA – Tahun ini Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Samarinda keluar sebagai juara Lomba Cipta Menu (LCM) Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat provinsi dan berhak mewakili Kaltim pada lomba tingkat nasional.

Lomba rutin tiap tahun yang digelar Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim diikuti sembilan TP PKK kabupaten dan kota (Penajam Paser Utara tidak hadir). Gubernur Kaltim meminta seluruh jajaran dan kader TP PKK kabupaten dan kota hingga ke tingkat desa menggerakkan masyarakat untuk melakukan diversifikasi pangan.

Harapan gubernur itu disampaikan Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana pada Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Provinsi Kaltim 2018 di halaman Kantor Dinas Pangan Tanaman Panmgan dan Hortikultura (DPTPH) Kaltim, Rabu (8/8).

Menurut dia, masyarakat harus diajak mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi dan gula seperti beras, tepung maupun karbohidrat tinggi lainnya. “Kader PKK bisa mengajak masyarakat mengubah pola hidup sehat dengan membatasi konsumsi makanan tinggi lemak dan gula,” katanya.

Caranya lanjut gubernur, masyarakat biasakan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang banyak dan mudah ditanam di pekarangan rumah. “Kita punya program utama yakni gerakan masyarakat sehat (Germas) banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran  yang sangat baik untuk pencernaan dan kesehatan tubuh,” jelasnya.

Sementara itu Kepala DPTPH Kaltim H Ibrahim menyebutkan Indonesia termasuk Kaltim memiliki keragaman pangan yang berlimpah. “Kita memiliki 77 jenis tanaman pangan sumber karbohidrat, 75 jenis pangan sumber minyak atau lemak, 26 jenis kacang-kacangan, 389 jenis buah, 228 jenis sayuran serta 110 rempah dan bumbu,” sebutnya.  Juara LCM B2SA tahun ini terdiri Samarinda, Berau dan Bontang masing-masing juara pertama, kedua dan juara ketiga.

Sedangkan juara harapan satu, kedua dan ketiga masing-masing diraih Kutai Kartanegara, Balikpapan dan Paser. Juga diberikan penilaian untuk kategori khusus berupa kreasi menu aplikatif dan favorit tim juri yang diraih Kutai Kartanegara. Untuk kreasi menu Beragam dan Berimbang dimenangkan Samarinda, kreasi cita rasa dan penampilan diraih Bontang serta kreasi menu aplikatif usaha boga diterima Balikpapan.

Hadir Ketua TP PKK Kaltim  Hj Ence Amelia Suharni Faroek dan Ketua TP PKK Kabupaten dan Kota se-Kaltim, Ketua DWP Kaltim Hj Sonya Evelyn Saini serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten dan Kota se-Kaltim. (yans/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait