Sambut IKN, Pemprov Kaltim dan Unmul Tingkatkan Kerjasama Dengan UA

Foto : Syafranuddin

ADELAIDE –Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi bersama rombongan, Selasa (10/3/2020) bertandang ke Universitas Adelaide (UA) Australia. Kunjungan yang dimulai Ahad (8/3/2020), bertujuan meningkatkan kerjasama di bidang peningkatan sumber daya manusia (SDM) di Kaltim.

.

“Pemprov Kaltim senang atas kerjasama Unmul Samarinda dengan Universitas Adelaid, karena bermanfaat banyak bagi kedua universitas terlebih bagi Pemprov Kaltim,” kata Hadi yang dalam kunjungannya didampingi Profesor Rachmat Soeoed, Profesor Amir Masruhim dan Wakil Dekan Fakultas Pendidikan Unmul Dr Sunardi Mappiasse, staf khusus Gubernur Kaltim Prof Heflin Frinces, Kepala Dinas Pendidikan Anwar Sanusi, Karo Pembangunan Infrastrutur Lisa Haslina dan Karo Humas HM Syafranuddin.

.

Wagub Hadi mengungkapkan tujuan kunjungan untuk melakukan koordinasi pelaksanaan kerjasama pendidikan master Unmul dan Adelaide Universits.

.

Juga, adanya mahasiswa baru dari Kaltim dan pengajar dari Unmul untuk belajar di Adelaid University. "Termasuk, diharapkan ada kerjasama baru antar kedua perguruan tinggi iji," ungkap Hadi. 

.

Kepada Wakil Rektor Universitas Adelaide (UA) Australia Prof Jacquelon Lo dan Kepala Bagian Hubungan Internasional Dr I Gusti Darmawan, Hadi Mulyadi menyebutkan Kaltim merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang luas wilayahnya seperti New Wales. 

.

“Kaltim banyak sumber daya alam, karenanya sejumlah perusahaan pertambangan Australia pernah beroperasi disana. Dengan penduduk sekitar 4 juta orang, tentu banyak hal yang harus dilakukan agar rakyat lebih sejahtera. Terlebih setelah Kaltim bakal menjadi pusat pemerintahan untuk ibukota negara Republik Indonesia,” beber Hadi di acara yang digelar di Ruang Augustus Short.

.

Menurut Hadi, Australia terutama Adelaide sebagai kota pendidikan berhasil dalam peningkatkan SDM. Sepengetahuannya, Adelaid Universitas merupakan perguruan tinggi berkualitas dan terbaik. 

.

“Kami berharap kelak, banyak anak-anak Kaltim menempuh pendidikan di Adelaide. Karenanya bisa ditingkatkan melalui program Beasiswa Kaltim Tuntas,” ungkap Wagub Hadi yang diakhir pertemuan menyerahkan cendramata.(fan/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait