Sambut JPI 2013 TNI/POLRI , SKPD dan OKP Bersih-Bersih Stadion Palaran

SAMARINDA - Demi mensukseskan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2013, jajaran TNI/Polri, organisasi kemasyarakatan dan pemuda (OKP), SKPD Pemprov Kaltim maupun Pemkot Samarinda mengelar aksi bersih-bersih di kawasan Stadion Utama Palaran Samarinda. Kompleks stadion ini akan menjadi tempat penyelenggaraan even nasional tersebut.  
"Kegiatan  ini untuk mendukung  suksesnya pelaksanaan Jambore  Pemuda Indonesia sekaligus peringatan Hari Sumpah Pemuda," kata Kasrem 091/ASN Kolonel Budi Edwar di sela-sela aksi bersih-bersih, Jumat (18 /10).    
Aksi ini juga sekaligus karya bakti TNI khususnya jajaran Korem 091/ASN, dalam rangka peringatan HUT TNI   yang jatuh pada 5 Oktober lalu.  
  "Aksi bersih-bersih ini, sekaligus bentuk kemanunggalan TNI bersama rakyat, karena kalau TNI solid bersama rakyat, TNI akan kuat, " tegasnya.  
Kemanungalan TNI bersama rakyat nantinya tidak hanya berhenti disini saja, tapi harus  berkesinambungan.  Dia melanjutkan, momen nasional ini  harus didukung agar sukses, apalagi  perwakilan pemuda ASEAN juga akan hadir di sini.  
Terpisah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kaltim H Sigit Muryono mengatakan, Kaltim sudah siap menjadi tuan rumah Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Jambore Pemuda ASEAN. Untuk mensukseskan kegiatan ini diperlukan kerjasama semua pihak.  
"Sebagai tuan rumah yang baik, kami terus mempersiapkan semua yang dibutuhkan peserta salah satunya kebersihan lingkungan dan hari ini dilakukan aksi bersih-bersih," jelasnya.
Selain itu, sejumlah fasilitas dan sistem kebersihan di Stadion Utama ini juga akan terus ditingkatkan, termasuk sedikit perbaikan kondisi jalan agar lebih mulus.
Memaksimalkan kegiatan JPI nanti, panitia juga akan menyediakan stand pameran bagi peserta JPI dan para pemuda ASEAN peserta Jambore Pemuda ASEAN (JPA) yang rencananya menjadi rangkaian HSPN. Stand pemeran disediakan khusus untuk memamerkan hasil kreatifitas pemuda termasuk mempromosikan potensi pariwisata daerah.   
'"Bagi Kaltim dan Samarinda sebagai tuan rumah tentunya kegiatan ini menjadi kesempatan penting mempromosikan potensi pariwisata daerah agar diketahui secara nasional dan internasional," ungkapnya.  
Pada aksi bersih-bersih tersebut, nampak prajurit TNI/Polri, OKP dan SKPD berbaur menjadi satu membersihkan kawasan stadion Palaran, tanpa memandang pangkat atau jabatan. Beberapa dari mereka ada yang masuk ke parit untuk mengangkat lumpur, ada juga membabat ranting maupun membersihkan rumput liar.
JPI akan diikuti ribuan peserta dan ofisial dari 33 provinsi, kemudian dari sepuluh negara di ASEAN, termasuk peserta dari 14 kabupaten/kota di Kaltim. Kawasan ini diprediksi  akan ramai, sehingga diperlukan berbagai fasilitas pendukung agar para tamu merasa puas. (sar/hmsprov).

//Foto: Kasrem 091/ASN Kolonel Budi Edwar bersama anggotanya melakukan aksi bersih-bersih di lingkungan Stadion Palaran. (ist).


 

Berita Terkait
Government Public Relation