Kalimantan Timur
Samsat Payment Point Bankaltimtara Hadir di Palaran, Bayar PKB Lebih Mudah

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Ditandai dengan penandatanganan prasasti, Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor meresmikan Samsat Payment Point Bankaltimtara KCP Palaran, Senin (31/8/2020). Ini merupakan kerja sama antara Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim dengan Bankaltimtara dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) di wilayah Palaran dan sekitarnya. 

 

 

"Mudah-mudahan yang membayar pajak melalui Samsat Payment Point Bankaltimtara KCP Palaran semakin banyak, sehingga pendapatan asli daerah (PAD) semakin meningkat dan pembangunan juga dapat dilaksanakan dengan baik. Apalagi jika melihat potensi pemilik kendaraan yang jumlahnya 24 ribu unit di Palaran. Jika disiplin membayar pajaknya maka bisa dibayangkan seberapa besar penerimaan yang masuk ke kas daerah," kata Isran Noor. 

 

Dengan beroperasinya Samsat Payment Point Bankaltimtara KCP Palaran, Isran berharap masyarakat dapat semakin mudah membayar pajak kendaraan bermotor karena pemerintah sudah hadir dengan lebih mendekatkan pelayanan ke wilayah Palaran dan sekitarnya.

 

"Karena memang kita berupaya melakukan pelayanan memudahkan masyarakat untuk menyelesaikan tugas-tugasnya dalam hal pembayaran pajak. Kita juga ingin pendapatan kita bisa ditingkatkan dengan pelayanan yang mudah tersebut kepada masyarakat. Bahkan kita membuat sebuah kebijakan peraturan gubernur untuk memberikan insentif dan kemudahan, pemotongan (diskon) kepada wajib pajak, khususnya kendaraan bermotor," jelas Isran Noor. 

 

Sementara Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati mengungkapkan Samsat Payment Point Bankaltimtara KCP Palaran merupakan unit ke-13, selain samsat yang sudah ada sebelumnya, yaitu Samsat Induk, Samsat Penuh, Samsat Pembantu, Samsat Desa, Drive Thru, Samsat Desa dan lainnya. Ini juga merupakan unit yang langsung berada di bawah UPTD Pelayanan Pajak dan Retribusi Daerah (PPRD) Samarinda. 

 

"Samsat Payment Point melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan di wilayah Palaran bekerjasama dengan Bankaltimtara. Palaran memiliki jumlah penduduk 62.279 jiwa dan jumlah kendaraan sebanyak 24.926 unit, terdiri dari kendaraan roda dua 22.085 unit dan roda empat 2.841 unit, dengan potensi penerimaan PKB sebesar Rp11 miliar per tahun," jelas Ismiati. 

 

Hadir Plt Dirut Bankaltim H Muhammad Yamin, Sekda Kukar Sunggono, Asisten Administrasi Umum Setkot Samarinda Ali Fitri Noor, Karo Humas Setda Provinsi Kaltim HM Syafranuddin, Jasa Raharja Samarinda, Polresta Samarinda, Camat Palaran, Camat Samarinda Seberang, Camat Loa Janan Ilir, Lurah, tokoh masyarakat dan tokoh agama di wilayah Palaran. (her/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait