Sarjana Harus Mampu Membuat Lapangan Kerja Baru


 

Wisuda Diploma dan Sarjana Polnes 

SAMARINDA- Politeknik Negeri Samarinda sabagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Kaltim, diharapkan dapat berperan maksimal dalam pemanfaatan Sumber Daya Manusia (SDM) maupun potensi ekonomi Kaltim dengan membuat terobosan, melakukan inovasi, kreatifitas dan menangkap peluang usaha baru.

"Polnes Harus mampu malahirkan serjana-serjana baru yang potensial, kreatif yang mampu membuat lapangan kerja baru, bukannya menambah daftar   pengangguran yang panjang," kata Sekprov Kaltim H Rusmadi mewakili Gubernur Kaltim  pada acara wisuda diploma dan sarjana Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) dan serah terima hibah aset tanah  miliki Pemprov Kaltim dengan Kemristekdikti, yang berlangsung di Gedung Serbaguna Stadion Utama Palaran Samarinda,Sabtu (15/10).  

Rusmadi mengingatkan, para sarjana tidak cukup hanya mengandalkan kemampuan yang diperoleh semasa di perguruan tinggi, tetapi juga harus membekali dirinya dengan keterampilan dan penguasaan pengetahuan, teknologi dan informatika  yang berkembang pesat dewasa ini,

Menurutnya, para sarjana dewasa ini tidak boleh  bersikap menunggu, tetapi harus proaktif dan kreatif, jika tidak maka dibisa dipastikan, para sarjana akan tersisih, kalah bersaing, bahkan tidak mampu berbuat ditengah  kemajuan dunia yang kian menggelobal sekarang ini.

"Kami berkeyakinan para sarjana  yang diwisuda akan dapat menjadi pelopor pembangunan, agen-agen  perubahan bagi Provinsi Kaltim  dan Indonesia pada umumnya," kata Rusmadi.

Dalam rangka mengantisipasi persaingan keras di era global saat ini, maka peranan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, kedepan menjadi sangat penting dan strategis  untuk menyiapkan sumber daya manusia yang memiliki  konpetensi, daya saing, profesionalisme dan dapat di andalkan.

Oleh karena itu, Pemprov Kaltim memberikan hibah tanah barang milik daerah yang menjadi aset negara, yaitu lahan kampus Politeknik Negeri Samarinda  yang terletak di Jalan Dr Cipto Mangunkosumo  seluas 100.680 m2 untuk digunakan dalam rangka dipergunkan untuk peningkatan pendidikan Politeknik Negeri Samarinda.

"Untuk pengembangan Politeknik Negeri Samarinda kedepan, kerjasama dengan perusahaan-perusahaan melalui program  kemitraan harus terus ditingkatkan dan dikembangkan," ujar Rusmadi. (mar/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation