Satpol PP Mampu Tegakkan Perda

* Gubernur Irup HUT Satpol PP ke-63 di Kutai Barat

SENDAWAR - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, utamanya menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat serta menegakkan Peraturan Daerah (Perda).
"Tugas pokok Satpol PP adalah menjaga pelaksanaan pembangunan di daerah  agar terlaksana dengan baik," kata Gubernur Awang Faroek Ishak usai  menjadi Inspektur  Peringatan Hari Ulang  Tahun (HUT) ke-63 Satpol PP yang dipusatkan di Lapangan  Taman Budaya Sendawar, Kutai Barat, Rabu (20/3).
Awang merasa bangga kinerja Satpol PP saat ini  semakin baik, terutama untuk membantu tugas-tugas  pemerintah daerah baik gubernur, bupati maupun walikota.   "Kedepan tentunya peningkatan kapasitas kelembagaan Satpol PP perlu terus ditingkatkan dengan lebih banyak meningkatkan kualitas anggotanya. Satpol PP juga harus meningkatkan daya kreatif mereka," kata Awang Faroek yang kemarin juga  didampinggi Wagub Farid Wadjdy.   
Menurutnya, Satpol PP juga mewakili pemerintah  dalam upaya penegakan hukum tanpa melanggar hak asasi manusia (HAM). Penegakan  peraturan daerah harus dilakukan dengan mengedepankan cara-cara manusiawi dan humanis,  mengajak masyarakat  mentaati hukum.  
"Penggusuran  terkadang terpaksa juga dilakukan, tetapi harus dengan cara-cara yang baik dengan  melakukan sosialisasi kepada pihak yang akan digusur sehingga tidak  terjadi gesekan-gesekan. Masyarakat bersedia digusur dengan sikap legowo," ungkapnya.
Awang juga meminta seluruh jajaran Satpol PP dapat mengambil hikmah dari momentum peringatan HUT Satpol ini. Tentang apa yang telah dikerjakan dan apa yang menjadi kekurangan serta apa yang harus diperbaiki untuk perbaikan di masa-masa selanjutnya.
"Ke depan  peran Satpol PP dapat lebih ditingkatkan secara maksimal, karena tugas dan  tanggung jawab  serta tantangan Satpol PP di masa datang sangat berat, khususnya  menyiapkan  diri untuk membantu menyukseskan agenda-agenda strategis penyelenggaraan pembangunan daerah," ujarnya.
Dia juga berpesan, agar Satpol PP terus menciptakan   kekompakan, kebersamaan dan saling koordinasi antar instansi Satpol PP  seluruh Kaltim.Sementara itu, Kepala Satpol PP Kaltim Hasanuddin merasa bangga Gubernur Awang Faroek Ishak dan Wagub Farid Wadjdy  berkenan hadir memimpin upacara peringatan kemarin.
"Kehadiran gubernur dan wakil menjadi  cambuk  seluruh anggota Satpol PP  untuk  meningkatkan  pengabdian, " tegasnya.     
Hasan menambahkan, memasuki usianya yang ke-63 tahun,  Satpol PP Kaltim terus mengevaluasi kinerja mereka, salah satunya dengan tidak menonjolkan arogansi melainkan tetapi lebih fokus menggunakan pendekatan kemitraan dan humanis kepada masyarakat.
"Kemitraan dan pendekatan secara kekeluargaan kepada masyarakat terus kita lakukan, bukan main gusur dengan sikap arogan,"  tegasnya.
Kegiatan HUT Satpol PP juga diisi berbagai kegiatan olahraga diantaranya voli, bulu tangkis, tenis meja, catur, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan  lainnya. Hadir pada acara itu Danrem 091/Aji Suryanata Kusama (ASN) Brigjend TNI Gadang Pambudi, Karo Humas dan Protokol Setprov Kaltim S Adiyat, Bupati Kutai Barat Ismail Thomas dan Wakil Bupati Kutai Barat Didik Efendi serta pejabat terkait lainnya. (sar/hmsprov).

//Foto: GUBERNUR BANGGA. Bupati Kutai Barat Ismail Thomas menjemput kedatangan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak. (sarjono/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait