Satpol PP Pemprov Tambah Anggota Baru

Antisipasi Pengamanan Pilkada


SAMARINDA – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah  (Pemilukada) tahun  ini,  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemprov Kaltim menambah 21 anggota baru  yang saat ini sedang menjalani beberapa latihan   di Samarinda.


"Sebelumnya meraka telah mengikuti beberapa tahapan seleksi dan selanjutnya nantinya akan mengikuti latihan  dasar penindakan juga pengetahuan keamanan dan ketertiban masyarakat di Sekolah Polisi Negara (SPN) Balikpapan,” kata Kepala Satpol PP Kaltim  Hasannudin saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (12/2).

Diakui, penambahan personil  baru Satpol PP memang  sesuai dengan kebutuhan,  saat ini tenaga Satpol PP di lingkungan Pemprov Kaltim  baru 81 orang, idealnya  200 orang.


“Dengan  penambahan anggota baru nantinya menjadi 102 orang, meskipun belum ideal namun tetap berusaha maksimal bertugas mengabdi kepada masyarakat,” tegas Hasannudin.

Dijelaskan, saat ini semua anggota Satpol PP  di lingkungan Pemprov Kaltim juga telah  dibekali tentang Pemilukada Kaltim melalui pendidikan dan pelatihan, sebagai upaya meningkatkan kemampuan sebagai petugas pengamanan langsung Pemilukada.
"Pemilukada Kaltim yang rencananya dihelat pertengahan 2013. Anggota Satpol PP juga akan dilatih menghadapi aksi massa,” ujarnya.

Disamping itu,  salah satu tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Satpol PP adalah menjadi salah satu elemen pengamanan langsung (Pamsung) Pemilukada, selain penegakan Perda, aset dan Linmas (Perlindungan Masyarakat). Karena itu, saat pesta demokrasi rakyat Kaltim untuk memilih ‘Kaltim-1' nanti, Satpol PP menjadi garda terdepan, selain kepolisian dan TNI.


"Harapan saya, Pemilukada Kaltim 2013  berlangsung aman dan tertib. Terhindar dari berbagai tindakan yang tidak diinginkan, karena telah diantisipasi lebih dulu," ujarnya seraya menimpali Satpol PP  adalah petugas Linmas yang menjadi barisan terdepan jika terjadi bencana, baik bencana alam atau bencana sosial,” ujarnya.(sar/hmsprov).

////Foto : Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemprov Kaltim merupakan salah satu garda terdepan dalam pengamanan pelaksanaan Pemilukada 2013.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait