Satuan Pendidikan Diminta Persiapkan Siswa Hadapi UN

SAMARINDA – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kaltim H Musyahrim mengimbau agar Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kota bersama satuan pendidikan setempat mempersiapkan para siswa didik menjelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN).
“Pada 15 April ini UN  untuk jenjang SMA dan sederajat sudah dimulai. Karenanya, setiap satuan pendidikan didukung Disdik setempat dapat mempersiapkan para siswa didiknya melalui try out maupun ulangan mata pelajaran,” kata Musyahrim.
Walaupun selama ini UN ujar Musyahrim, menjadi momok yang menakutkan, namun dengan persiapan yang lebih baik, maka siswa didik tidak perlu merasa takut ataupun khawatir.
Selain itu, pihak sekolah melalui para tenaga pendidiknya harus mampu memotivasi para siswa didik untuk selalu membaca buku-buku referensi materi ujian serta mengikuti program-program pembelajaran di sekolah secara teratur.
Terutama melatih para siswa untuk mengerjakan soal-soal pada masing-masing mata pelajaran yang diujikan. Sebab, dari tahun ke tahun materi yang disampaikan tidak jauh berbeda khususnya soal mata pelajaran yang diujikan.
Namun  yang terpenting adalah upaya yang dilakukan sekolah selama mengikuti proses belajar mengajar (PBM) melalui pemahaman dan pola pembelajaran sistematis terutama dengan cara melatih siswa didik mengerjakan soal-soal mata pelajaran.
“Memotivasi para siswa didik agar melakukan pengulangan-pengulangan terhadap mata pelajaran yang dilakukan selama proses belajar mengajar, terutama yang berkaitan dengan materi soal-soal  yang diujikan pada tahun-tahun sebelumnya,” jelasnya.
Selain itu,  peran orang tua sangat strategis untuk memberikan dorongan semangat belajar bagi anak-anak selama di rumah, terutama meluangkan waktu untuk selalu belajar dan mempelajari materi-materi mata pelajaran yang selalu diujikan.
“Para orang tua dapat mengawasi sekaligus mendorong semangat anak-anaknya untuk meluangkan waktu belajar selama di rumah dengan mengatur waktu,” harap Musyahrim. (yans/hmsprov).

////Foto : H Musyahrim
 

Berita Terkait