SBU APT Pranoto Terbit, Terbang Perdana Samarinda-Berau

Gubernur Awang Faroek saat meninjau Bandara Internasional APT Pranoto. (dok/humasprov)

 

SAMARINDA - Harapan masyarakat ibukota Provinsi Kaltim, Samarinda untuk memiliki bandara berkelas internasional selangkah lagi akan menjadi kenyataan. Hampir dipastikan, 24 Mei 2018 Sertifikat Bandar Udara (SBU) sudah menjadi milik Bandara Internasional APT Pranoto.  Rute Samarinda-Berau  akan menjadi penerbangan perdana dengan menggunakan Maskapai Xpressair. "Insyaallah, peresmian 24 Mei 2018. Mohon doa masyarakat Kaltim, khususnya Samarinda. Karena saat ini tinggal proses administrasi," kata Kepala Dinas Perhubungan Kaltim H Salman Lumoindong di Samarinda, Rabu (2/5).

Salman mengatakan, penerbangan Xpressair berkapasitas 40 penumpang atau jenis pesawat ATR-42. Panjang dan luas landasan ini adalah 2.250x45 meter. Dengan begitu, maka operasional Bandara Temindung resmi pindah ke Bandara Internasional APT Pranoto. Artinya, baik pesawat kecil maupun Boeing 737-800, jenis Garuda Indonesia maupun Lion Air bisa mendarat di bandara ini.

 

Sesuai harapan Gubernur Awang Faroek Ishak, jika Presiden Joko Widodo berkenan meresmikan, maka bisa diresmikan untuk pendaratan perdana. Salman mengungkapkan, tidak menutup kemungkinan, penerbangan internasional bisa dilakukan. Mulai Samarinda-Kuching, Malaysia maupun Samarinda-Singapura. Demikian pun penerbangan nasional, mulai Samarinda-Surabaya, Samarinda-Yogyakarta. Samarinda-Makassar dan Samarinda-Banjarmasin. "Semoga bisa terwujud. Untuk memenuhi kebutuhan jasa penerbangan penduduk Samarinda dan sekitarnya. Termasuk Bontang, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur,"  jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait