SDM Aparatur Terus Ditingkatkan

Menunjang Tugas Organisasi dan Pelayanan Masyarakat

SAMARINDA-Kualitas aparatur pemerintah tidak akan meningkat dengan sendirinya, tanpa adanya upaya-upaya kongkret untuk meningkatkannya, salah satu upaya tersebut melalui Analisis Jabatan (Anjab) agar PNS yang akan menduduki jabatan memiliki persyaratan kompetensi sesuai dengan keperluannya.
Demikian dikatakan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat membuka Rakoor Analis Jabatan di lingkungan Pemprov Kaltim yang disampaikan Kabag Pemberdayaan Biro Organisasi Indra Bahra di Ruang Ruhui Rahayu, Kamis (10/10).    
"Selain mewujudkan kualitas aparatur pemerintah Pemprov Kaltim terus berupaya  meningkatkan  Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur yang profesional untuk menunjang tugas-tugas organisasi dan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.
Dengan hasil analisis jabatan yang valid, banyak manfaat yang diperoleh, yakni potensi tumpang tindih atau duplikasi tugas dan fungsi antar SKPD yang mengakibatkan inefisiensi dapat diminimalisir, sehingga kinerja SKPD di lingkungan Pemprov Kaltim lebih optimal.
Disampaikan juga, agar para Pimpinan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim, segera menuntaskan penyusunan analis jabatan, analis  beban kerja, penataan jabatan fungsional umum dan menerapkan budaya kerja aparatur.
"Serta selalu memperhatikan kinerja dan meningkatkan kompetensi Tenaga Analisis Jabatan yang ada di unit kerja masing-masing," ujarnya.
Melalui rakor ini, diharapkan dapat terjalin  kerjasama dan koordinasi yang baik antar-para pihak terkait analisis jabatan, sehingga erdampak positif bagi kelancaran kegiatan birokrasi, pelayanan publik dan terwujudnya kepemerintahan yang baik,.
"Rakor ini sangat penting sebagai sarana memecahkan permasalahan berkaitan dengan analisis jabatan yang dihadapi setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), juga sebagai sarana evaluasi terhadap kegiatan analisis jabatan di setiap SKPD," jelasnya.(sar/hmsprov).

Kabag Pemberdayaan Biro Organisasi Indra Bahra (kedua dari kiri) bersama para Narasumber (johan/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait