SDM Berkompeten untuk PBJ Berkualitas


SAMARINDA – Program pemerintah tak akan berjalan tanpa adanya pengadaan barang dan jasa (PBJ). Dalam pengelolaan PBJ, diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkompeten sehingga Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur memberikan pelatihan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN). Pelatihan dilakukan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kaltim.

Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan PBJ LKPP Suharti memberikan materi tingkat dasar untuk memahami peraturan presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa. Dia menyebut, materi ini harus diberikan kepada semua ASN karena tidak ada program kegiatan tanpa adanya pengadaan. Peran BPSDM sangat besar tapi tidak bisa hanya sendiri.

“Tidak akan mungkin pengelolaan pengadaan ini bisa berjalan baik kalau tidak ada kolaborasi antara BKD, BPSDM dengan Biro yang menangani pengadaan. Kalau sudah berkolaborasi dengan baik, harapan kita pengadaan di Kalimantan Timur menjadi berkualitas karena ditangani oleh SDM yang berkualitas,” tutur Suharti.

Dia berharap agar SDM berkompeten. Kalau SDM berkompeten tentu saja kualitas pengadaan menjadi lebih baik sehingga tujuan pengadaan tercapai.

“Tujuan pengadaan ini tidak lain kita ingin semua yang kita belanjakan dari uang negara atau uang daerah tepat dari sisi kualitas, kuantitas, waktu, lokasi, anggaran atau biaya. Sehingga tujuan pembangunan tercapai,” tutur dia. Gubernur Kaltim Isran Noor mendukung adanya pejabat fungsional pengadaan. Termasuk pelatihan-pelatihan juga didukung dengan baik. (yuv/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation