Sebagai Ajang Seleksi SEA Games XXVII

Kejurnas Menembak AFC II-2013


SAMARINDA - Kejuaraan Nasional Menembak Terbuka  Awang Faroek Cup II 2013 atau  Kejurnas Menembak AFC II 2013 yang akan digelar pada 21-30 Juni mendatang  di Lapangan Tembak Manggar di Balikpapan. Menjadi ajang seleksi SEA Games XXVII-2013 di Myanmar, sekaligus  seleksi Pra Kualifikasi pertama untuk PON 2016 di Jawa Barat.
"Kejurnas menembak AFC-II ini, merupakan ajang seleksi SEA Games XXVII 2013 di Myanmar dan Pra Kualifikasi tahap pertama untuk PON 2016 di Jawa Barat 2016," kata Ketua Panitia Pelaksana AFC Cup II,  Joko Setyono didampinggi Wakil Ketua Pertandingan Sarwono Hidayat saat jumpa pers di kantor gubernur Kaltim, Selasa.(18/6).     Dijelaskan, kejuaraan ini  bertujuan  meningkatkan prestasi atlet-atlet menembak  daerah dan nasional, sekaligus mencari bibit atlet muda berbakat.
"Sejumlah klub dan Pengda Perbakin se-Indonesia siap bersaing pada kejuaraan nasional menembak ini. Tuan rumah juga menerjunkan atlet andalan untuk meraih prestasi terbaik," jelasnya.
AFC Cup II yang akan diikuti lebih dari 600 pesertta ini, juga dimaksudkan untuk mempererat dan meningkatkan silaturahmi keluarga besar Perbakin. Momen ini juga diharapkan dapat menjadi media melatih mental bertanding para atlet menghadapi even-even nasional maupun internasional.
Sementara itu Wakil Ketua Pertandingan Sarwono menjelaskan, Kejurnas ini akan menggelar 21 nomor pertandingan dengan masing-masing kelas putra dan putri. Panitia menyiapkan hadiah total Rp300 juta atau masing-masing pemenang akan memperoleh dana pembinaan, yakni  Rp3 juta untuk juara satu, Rp 2 juta untuk juara kedua dan Rp1 juta untuk juara ketiga.
"Kami perkirakan pesertanya tahun ini bisa mencapai 600 orang atau   lebih banyak dari Kejurnas AFC pertama pada 2010 yang diikuiti 400 peserta. Kejuaraan ini sekaligus untuk mendata keaktifan klub menembak di seluruh Indonesia," ujarnya.
Menurut dia, para  atlet yang mengikuti seleksi SEA Games 2013, bakal masuk tim Pelatnas jika berhasil menempati tiga peringkat teratas di setiap nomor yang dilombakan. (sar/hmsprov).

////Foto : Dari kiri Wakil Ketua Pertandingan Sarwono Hidayat, Ketua Panitia Pelaksana AFC Cup II,  Joko Setyono dan Kabag Kehumasan Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim saat jumpa pers dengan awak media.(sarjono/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait