Sebanyak 5.500 Petugas SP2020

Istimewa

SAMARINDA - Tinggal menghitung hari, sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020, Sensus Penduduk (SP2020) serentak se Indonesia dimulai secara online, tak terkecuali di ibu kota negara (IKN) baru, Kalimantan Timur.

"Harapannya masyarakat berpartisipasi aktif mengikuti SP2020 online ini. Tinggal menghitung hari. Secara online bisa langsung diakses melakukan pembaruan data penduduk," jelasnya.

Saat ini masyarakat bisa mengakses terlebih dulu alamat sensus penduduk di sensus.bps.go.id. Setelah itu bisa mencantumkan NIK dan KK. 

Jika bisa masuk, maka masyarakat secara otomatis bisa melakukan perbaruan data sensus secara online. Apabila tidak, tentu akan dilakukan secara manual melalui wawancara oleh petugas sensus yang akan datang dari rumah ke rumah.

Wawancara tatap muka. Sekitar 5.500 petugas sensus yang akan melakukan pendataan di lapangan sejak 1-31 Juli 2020.

"Secara manual atau konvensional petugas yang akan melakukan wawancara penduduk dibekali kelengkapan dari BPS berupa identitas maupun seragamnya," jelasnya

Target BPS semua penduduk tidak terlewatkan. Sehingga diketahui pertumbuhan penduduk Kaltim. Sensus dilakukan secara gratis. Karena itu, jika ada oknum yang menyatakan ada pembayaran maka tidak benar.

Diketahui jumlah pqenduduk Kaltim termasuk Kaltara hasil SP2010 sebanyak 3.553.143 jiwa dan SP2000 sebanyak 2.455.120 jiwa. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait