Sebatik Prioritas Jadi Kota

Sebatik Prioritas Jadi Kota

 

SAMARINDA- Sekprov Kaltim yang juga Pj Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Dr H Irianto Lambrie menyatakan optimis bahwa Kota Sebatik di Provinsi Kaltara dipastikan terbentuk. Karena, dibandingkan kabupaten/kota yang lain diusulkan masing-masing provinsi, Sebatik memiliki peluang yang sangat bagus. Misal, kondisi geografis, geopolitik dan geostrategis.

Karena itu, saat ini pembentukan Kota Sebatik masih berproses. Pemprov Kaltara dan Kaltim juga saat ini masih mengikuti tahapan yang dilakukan. Karena, proses tersebut perlu waktu. “Sesuai koordinasi dengan Mendagri dan Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri bahwa Kota Sebatik sangat diprioritaskan dibentuk. Karena, wilayah Sebatik masuk daerah perbatasan, antara Indonesia dan Malaysia,” kata Irianto Lambrie baru-baru ini di Samarinda.

Sesuai informasi dari Kemendagri, bahwa Ditjen Otda bersama tim obeservasi Kemendagri akan meninjau lapangan Juli ini. Karena itu, data pendukung untuk peninjauan tersebut juga tengah dipersiapkan.

Jika melihat kesiapan Sebatik untuk menjadi kota, maka dibanding kabupaten/kota yang lain yang akan diusulkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB), maka Sebatik lebih siap. Apalagi, Kecamatan di Sebatik juga sudah siap.

“Ada lima kecamatan di Sebatik, antara lain Kecamatan Sebatik Utara, Selatan, Tengah, Timur dan Kecamatan Sebatik Barat atau Induk,” jelasnya.

Untuk menyukseskan pembentukan tersebut, maka Pemprov Kaltim dan Kaltara wajib mengawal pembentukan tersebut. Selain itu, untuk pertumbuhan pengembangan pembangunan di Sebatik, tentu Pemerintah Pusat dipastikan membantu. Bahkan dana dekonstrasi dipastikan banyak masuk.

Menurut dia, akan banyak kementerian yang membantu, antara lain KPU Pusat, Kementerian PU, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional dan Kemeneterian Kesehatan.

“Kalau melalui APBD tentu belum bisa. Jadi, alokasi APBN dipastikan direalisasikan. Bahkan jika telah terbentuk dana hibah dari Kabupaten Induk pasti ada untuk operasional pemerintahan,” jelasnya.(jay/hmsprov)

Berita Terkait