SegmenI Seksi I Tol Balsam Capai 100 Persen

Jalan tol Balikpapan-Samarinda, Segmen I Seksi I yang sudah selesai 100 persen. (dok/humasprov)

SAMARINDA – Pelaksanaan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sepanjang 99,02 kilometer (Km) mengalami kemajuan yang cukup baik. Khususnya seksi I (Km.13 Balikpapan-Simpang Km.38 Samboja) sudah menunjukkan hasil yang signifikan bahkan segmen 1 per Agustus sudah mencapai 100 persen.

Menurut Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, capaian pengerjaan jalan tol pertama di wilayah Kalimantan ini sangat baik. “Sesuai komitmen saya pada akhir tahun ini sudah ada segmen tol yang bisa dioperasionalkan,” katanya saat Gubernur Menyapa lewat program siar RRI Samarinda di VVIP Room Lamin Etam, Kamis (30/8).

Dia meminta instansi teknis terkait bersama kontraktor pelaksana segera mempersiapkan berbagai fasilitas lainnya untuk kelengkapan operasional jalan tol segmen 1.

Diungkapkannya, seksi I terbagi dalam lima segmen dan masing-masing segmen memiliki tingkat kesulitan pengerjaan yang berbeda-beda. Namun, dipastikan hingga akhir 2018 untuk semua segmen sudah mencapai 100 persen sehingga terkoneksi secara langsung kelima segmen untuk dioperasionalkan (soft opening).

Misalnya, segmen 2 hasil pengerjaan sudah mencapai 93,68 persen dari target 95,97 persen dan segmen 3 terealisasi 93,48 persen dari target 93,31 persen. Sedangkan segmen 4 target pengerjaan 86,57 persen namun terealisasi 76,81 persen atau devisiasi 9,75 persen.

Sementara itu, segmen 5 dengan target pelaksanaan kegiatran sebesar 72,53 persen dan terealisasi 60,80 persen atau terjadi devisiasi 11,72 persen. Terhadap hasil capaian kegiatan terutama belum tercapai target pengerjaan, gubernur meyakini akan tuntas sebelum akhir 2018.

“Keterlambatan pengerjaan dari target sebab terkendala cuaca. Namun, saya yakin sebelum akhir tahun sudah clear 100 persen. Presiden Jokowi sudah dua kali meninjau seksi I ini dan beliau berjanji akan mendorong penuntasan tol secara keseluruhan,” ungkap Awang Faroek. (yans/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation