Sejarah Kaltim, Jokowi akan Resmikan pengoperasian bandara ini secara maksimal


Sejarah Kaltim, Jokowi akan Resmikan pengoperasian bandara ini secara maksimal. Bandara APT dan Maratua

SAMARINDA- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan Bandara APT Pranoto dan Maratua di Sungai Siring, Samarinda, Kamis (25/10). Peresmian akan ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Presiden Jokowi, Gubernur Kaltim Isran Noor, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Sebelumnya telah dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama tentang rencana kerja sama pengoperasian Bandar Udara APT Pranoto Samarinda antara Pemprov Kaltim bersama Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI dan PT Angkasara Pura (AP I).

Menhub berharap dengan dukungan dari AP I pengoperasian bandara ini akan lebih maksimal. Bandara APT Pranoto memiliki runway 2.250x45 meter. Sementara Bandara Maratua di Kabupaten Berau memiliki runway 1.600x30 meter.

Kehadiran Bandara APT Pranoto diharapkan bisa mendukung akses transportasi udara masyarakat Kaltim yang akan berpergian dari dan keluar Kaltim. Untuk rute  Samarinda-Jakarta dan Samarinda-Surabaya mulai besok sudah akan dibuka. "Ini sejarah bagi masyarakat Kaltim khususnya Samarinda. Kita berharap setelah diresmikan sejumlah maskapai penerbangan bisa masuk ke APT Pranoto," kata Budi Karya Sumadi saat meninjau kesiapan kedatangan Presiden Jokowi.

Sedangkan Bandara Maratua diharapkan bisa mendukung peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kaltim, khususnya di Berau. Di mana, Berau merupakan kabupaten destinasi pariwisata di Indonesia yang menjadi keunggulan Kaltim. Selain meresmikan kedua bandara tersebut, Jokowi juga akan membuka Muktamar IDI XXX dan IIDI XXI, serta menyerahkan sertifikat tanah bagi masyarakat Kaltim. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation