Sekprov: Jangan Hanya Diatas Kertas Tapi Implementasi

Kontrak Kinerja Pembangunan Peternakan Kaltim


SAMARINDA – Dalam upaya meningkatkan pembangunan peternakan dan pencapaian program swasembada daging di Kaltim, Dinas Peternakan (Disnak) Kaltim bersama dinas dan SKPD membidangi peternakan serta kelompok tani kabupaten/kota melakukan kontrak kinerja.


“Saya sudah menyaksikan penandatanganan kontrak kinerja guna pembangunan peternakan yang lebih baik. Namun, jangan hanya di atas kertas saja tetapi wajib diimplementasikan sehingga kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan,” kata Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Irianto Lambrie pada Rapat Konsultasi Teknis Daerah Pembangunan Peternakan dan Pertemuan Kelompok Tani Ternak se-Kaltim di Samarinda, Selasa (26/2).


Menurut dia, kontrak kinerja yang dilakukan merupakan komitmen bersama untuk mencapai kemajuan pembangunan di daerah. Apalagi, saat masyarakat selalu menunggu atas upaya-upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraannya.


Kebijakan dan kegiatan yang dilakukan pemerintah daerah beserta seluruh jajaran bukanlah pemanis mulut (janji-janji) semata tetapi harus benar-benar dilaksanakan di lapangan  sehingga berimbas pada kehidupan masyarakat.


Walaupun diakui pembangunan yang dilaksanakan memerlukan proses dan tahapan serta waktu yang tidak sebentar. Namun, dengan tekad dan kerja keras yang dilakukan secara terus-menerus dan bersama-sama maka percepatan pembangunan dapat diwujudkan.


“Kerja keras dan tekad yang kuat tidak akan berhasil tanpa didukung semangat disiplin yang tinggi, terutama dimunculkan dari dalam diri sendiri tanpa harus dipaksakan. Disiplin kerja dan administrasi di masing-masing SKPD harus ditumbuhkan,” ungkapnya.


Dijelaskan, anggaran yang besar belum menjadi jaminan berhasilnya ataupun tercapainya target-target kerja di suatu instansi. Tetapi perencanaan dan tata kelola keuangan yang baik didukung semangat disiplin diri yang baik akan mampu mewujudkan prestasi kerja lebih baik.


Ditambahkan, tercapainya pembangunan peternakan yang lebih baik  dan maju tentu akan berimbas pada terpenuhinya kebutuhan masyarakat terhadap pangan asal ternak baik daging sapi, kerbau, kambing maupun ayam dan itik.


“Disinilah pentingnya tekad kita sebagai aparatur pemerintah dan pelayan masyarakat memiliki semangat dan disiplin kerja yang tinggi.

Sehingga harapan masyarakat atas apa yang kita lakukan selama ini dapat diwujudkan, terutama untuk kesejahteraan rakyat dan kemajuan daerah,” ujar Irianto Lambrie.


Rapat Konsultasi Teknis Daerah Pembangunan Peternakan dan Pertemuan Kelompok Tani Ternak se-Kaltim di Samarinda dilaksanakan dua hari diikuti 500 peserta dari seluruh dinas/instansi yang membidangi peternakan kabupaten dan kota serta kelompok tani se-Kaltim.(yans/hmsprov).

//// Foto : Irianto Lambrie

Berita Terkait