Sekprov Kaltim Silaturrahim dengan para Kepsek SMA di Berau

 

Sekprov Kaltim Silaturrahim dengan para Kepsek SMA di Berau

 

SAMARINDA - Silaturahim Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dengan seluruh Kepala SMA sederajat se-Kabupaten Berau berpesan agar seluruh guru dapat memberikan motivasi kepada orang tua di daerah tersebut untuk mendukung pendidikan anak-anak mereka atau menyekolahkan anak mereka, sehingga tidak putus sekolah.

 

Rusmadi menegaskan orang tua mungkin bisa tidak mampu atau miskin. Tetapi, anak jangan sampai tidak mendapat pendidikan yang layak alias harus tetap bersekolah. Karena itu, peran guru sangat diharapkan dapat menyampaikan hal itu kepada masyarakat di lingkungan sekitar mereka. "Jika orang tua mereka tidak mampu, sampaikan ke Dinas Pendidikan setempat atau ke Dinas Pendidikan Provinsi agar bisa ditindaklanjuti. Asalkan orang tua si anak betul-betul tidak mampu," kata Rusmadi.

 

Pendidikan wajib diberikan kepada anak di negara ini. Khususnya di Kaltim. Apalagi Pemprov Kaltim telah berkomitmen melaksanakan program Wajib Belajar (Wajar) 12 Tahun sebelum seluruh provinsi di Indonesia menjalankan. Menurut mantan Kepala Bappeda Kaltim itu, nasib bangsa ada di tangan guru. Karena itu, guru harus ikhlas dalam mengajar dan mendidik anak didiknya. Untuk pendidikan jangan asal-asalan. Mari berikan pengajaran kepada anak-anak. Karena, tugas guru bukan hanya mengajar tetapi juga mendidik.

 

"Jadi, wajib bagi kita, khususnya guru dapat mengajak masyarakat agar anak mereka menempuh pendidikan. Orang tua boleh miskin anak jangan tidak memiliki pendidikan. Tidak ada bangsa di dunia ini yang maju jika masyarakatnya tidak punya SDM berkualitas," jelasnya. Selain itu, Rusmadi mengatakan pendidik harus cerdas. Termasuk rajin membaca dan mengetahui bagaimana perkembangan pembangunan daerah. Bahkan guru wajib mengetahui perkembangan teknologi informasi (IT). Artinya, guru wajib memanfaatkan IT untuk membangun SDM berkualitas. Termasuk dalam memanfaatkan media sosial.

 

Selain itu, terkait dengan perkembangan pembangunan daerah yang kini terus dibangun Pemprov Kaltim dapat menjadi perhatian para guru. Mulai pembangunan infrastruktur hingga SDM serta pelayanan kesehatan. Guru juga diminta peka mencermati perkembangan pembangunan daerah. "Mari bersama membangun daerah ini menuju SDM berkualitas dan bermartabat," jelasnya. (jay/sul/ri/humasprov)

Berita Terkait