Sekprov Kaltim Terima Satyalancana Pembangunan

Dinilai Berhasil Membina dan Mengelola Koperasi di Daerah

MATARAM - Sekprov Kaltim Dr H Irianto Lambrie menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada puncak Peringatan Hari Koperasi ke-66 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.     
Irianto Lambrie yang saat ini juga dipercaya menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kaltara itu meraih penghargaan tersebut karena dinilai berhasil melakukan pembinaan dan pengelolaan serta pengembangan koperasi ketika menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah dan Mikro (Disperindagkop dan UMKM) Kaltim selama lima tahun.
Sebagai Ketua Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kaltim, Irianto pun sukses memberikan prestasi berupa penghargaan Koperasi Berprestasi 2013.
“Penghargaan ini merupakan kehormatan dari apa yang telah kita kerjakan di masa-masa lalu hingga sekarang. Penghargaan ini dinilai oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah bersama tim lintas kementerian dan Dewan Tanda-Tanda Kehormatan Republik Indonesia,” kata Irianto Lambrie di sela-sela puncak peringatan Hari Koperasi ke-66 di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (12/7).
Penghargaan ini diberikan setelah dilakukan verifikasi ke masing-masing daerah, terutama kepada calon penerima penghargaan tersebut. Menurut dia, ketika verifikasi calon penerima berhak menyampaikan bukti-bukti keberhasilan yang telah dicapai, termasuk yang dilakukan Kaltim.Verifikasi tersebut dilakukan awal Juni 2013 di Banjarmasin, khusus calon penerima di wilayah Kalimantan.
“Setelah dilakukan verifikasi, hasilnya diusulkan ke Dewan Tanda Kehormatan Negara yang diketuai Menkopolkam. Penghargaan yang saya terima ini ditetapkan Presiden,” ujar Irianto.
Sukses ini lanjut Irianto berkat kerja keras pegawai Disperindagkop dan UMKM Kaltim saat dia memimpin instansi tersebut. Sehingga banyak koperasi yang berhasil dan berkembang dengan baik, bahkan meraih prestasi di tingkat nasional.   
Contohnya  Koperasi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahrani (RSUD -AWS) Medika, Koperasi Pusaka dan Angkasa Pura di Balikpapan.
“Selain berkembangnya koperasi di Kaltim,  banyak juga usaha kecil dan menengah yang berkembang baik. Ini dibuktikan bagaimana peningkatan serapan tenaga kerja dan keuntungan yang dicapai. Misalnya sebelum dibina tenaga kerjanya hanya dua orang, tetapi setelah dibina, tenaga kerja koperasi itu mencapai 40 hingga 100 orang,” jelas Irianto.
Keberhasilan ini berkat gagasan dan ide yang dilahirkan, diantaranya dengan menjalankan manajemen yang baik untuk mengembangkan koperasi dan usaha kecil menengah agar semakin baik, berkembang dan berkesinambungan. Sukses juga ditunjukkan Irianto dalam pembinaan PKPRI Kaltim.
Saat itu PKPRI bisa disebut hidup segan mati pun tak mau. Kini, PKPRI telah memiliki aset dan kantor yang bagus serta pengembangan usaha yang baik.  
“Perubahan yang baik itu alhamdulillah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, baik pegawai negeri sipil maupun masyarakat umum. Sukses  ini juga berkat pencanangan Kaltim sebagai Provinsi Penggerak Koperasi,” imbuh Irianto.  
Sementara itu, Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim HM Djailani mengatakan, penghargaan yang diberikan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi koperasi yang lain di Kaltim agar mampu mengembangkan usaha mereka.  
“Kami berharap koperasi-koperasi yang lain dapat mencontoh koperasi yang telah berhasil meraih penghargaan ini. Penghargaan yang diterima karena koperasi tersebut dinilai berhasil dan berkontribusi bagi kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitar” jelasnya.  
Koperasi di Kaltim yang tahun ini meraih penghargaan sebagai  koperasi berprestasi dan koperasi penerima Award 2013, yakni Koperasi Bolum Buen dari Bontang yang diterima Walikota Bontang H Adi Darma, KPN Balai Kota yang diterima Supriyadi Senta, PKPRI Kaltim yang diterima Harris Hamka dan KPN Ruhui Rahayu diterima Rudiansyah.  
Selain penghargaan tersebut, juga diberikan penghargaan Bakti Koperasi yang diterima Walikota Bontang H Adi Darma dan Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim HM Djailani dari Menteri Koperasi dan UKM Dr Sjarifuddin Hasan.  Puncak peringatan Hari Koperasi ke-66 dan penyerahan penghargaan dipusatkan di depan Halaman Kantor Gubernur NTB Mataram. (jay/hmsprov).

//Foto: Sekprov Kaltim Dr H Irianto Lambrie ketika menerima penghargaan Satyalancana Pembangunan dari Presiden SBY. (jaya/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation