Selama November SMAN 10 Borong Juara Nasional

Selama November SMAN 10 Borong Juara Nasional

 

SAMARINDA- Selama November 2015 ini pelajar Kaltim dari SMA Negeri 10 Samarinda berhasil mengukir prestasi membanggakan bagi rakyat maupun pelajar Kaltim. Karena mampu berhasil meraih empat prestasi juara pertama dari empat even yang diikuti selama November 2015.

Prestasi tersebut antara lain, yakni juara pertama lomba karya ilmiah di Universitas Brawijaya Malang. Juara pertama dan kedua lomba cepat tepat Nasional di Purwokerto. Juara pertama dan umum bio compact di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan juara pertama Tower Spaghetti Structure Challenge di Universitas Widya Kartika Surabaya.

Selain itu, pelajar SMAN 10 Samarinda yang merupakan binaan Pemprov Kaltim meraih prestasi medali perunggu di kompetisi olimpiade sains nasional (OSN) bidang ekonomi di Yogyakarta Mei 2015 dan sebagai finalis olimpiade penelitian siswa Indonesia (OPSI) dan menerima beasiswa dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Surabaya.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati mengatakan Pemprov Kaltim merasa bangga atas prestasi yang dicapai pelajar dari SMAN 10 Samarinda. Karena pelajar tersebut meraih prestasi tersebut merupakan atas nama daerah, sehingga Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi hasil kerja keras yang dilakukan para pelajar yang telah berhasil tersebut.

“Pemprov Kaltim sangat menghargai prestasi yang telah diraih para pelajar SMA Negeri 10 Samarinda. Kami sangat bangga karena mereka mampu membawa nama baik daerah di tingkat nasional di masing-masing bidang kompetensi,” kata Dayang Budiati usai menerima sejumlah pelajar SMAN 10 Samarinda di Kantor Disdik Kaltim, Rabu (25/11).

Menurut dia, Pemprov Kaltim berkomitmen terus berupaya memberikan dukungan kepada para pelajar yang berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional. Karena, prestasi yang dicapai mampu mengharumkan nama baik daerah dan Negara.

Karena itu, Pemprov Kaltim melalui Disdik Kaltim setiap tahun memberikan penghargaan kepada guru dan pelajar yang berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional, sehingga mampu berkontribusi besar bagi daerah dan Negara di masa akan datang.

“Program ini terus kami laksanakan, sehingga memberikan motivasi bagi para guru dan pelajar untuk mengukir prestasi di tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.

Kepala SMAN 10 Samarinda Armin mengatakan, prestasi yang diraih para pelajar SMAN 10 diharapkan bukan hanya mampu diraih para pelajar dari SMA unggulan tersebut tetapi dapat dicapai pelajar lainnya.

“Ini semua tidak lepas dari dukungan yang diberikan Pemprov Kaltim. Jika dihitung ada delapan prestasi tingkat nasional selama November tahun ini. Ini sangat luar biasa menurut kami. Semua itu, berkat karena para pelajar sudah memiliki dasar sebelum mengikuti kejuaraan di tingkat nasional, sehingga prestasi itu mampu diraih dengan baik,” jelasnya.

Prestasi yang dicapai para pelajar di SMAN 10 Samarinda selain karena anak-anak memiliki dasar dalam pengetahuan, tetapi para pelajar setiap harinya dibudayakan untuk menulis karya tulis dan membaca, sehingga wawasan pengetahuan para pelajar sudah terukur.

“Adanya budaya ini, SMA unggulan di Jakarta ingin belajar dengan Kaltim ketika pertemuan Kepala Sekolah Unggulan se Indonesia, sehingga dapat mencontoh program yang dilaksanakan SMAN 10 Samarinda,” jelasnya.(jay/hmsprov)

//Foto: Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati berdama siswa SMAN 10. (jaya/humasprov kaltim).

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation