Selama Puasa, Waspadai Penyakit Pancaroba

Selama Puasa, Waspadai Penyakit Pancaroba

SAMARINDA-
Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Dr Hj Rini Retno Sukesi mengimbau masyarakat yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan berhati-hati terhadap serangan penyakit di musim pancaroba atau pergantian musim.  Beberapa penyakit yang patut diwaspadai itu antara lain diare, kelainan lambung dan infeksi saluran pernapasan akut (Ispa). 

Penyakit-penyakit tersebut sangat mungkin disebabkan oleh pola makan yang berubah, kurang tidur dan pergantian musim yang tidak menentu.

Karena itu, masyarakat diimbau agar dapat menjaga kebersihan diri dan lingkungan, istirahat yang cukup dan mengonsumsi makanan secara wajar.

''Konsumsi makanan bergizi selama bulan puasa harus benar-benar dijaga," jelasnya.

Agar saat menjalankan ibadah puasa tetap bugar serta mampu menjalankan aktivitas sehari-hari, Rini juga memberikan tips yakni makan jenis makanan  yang tidak membuat dehidrasi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan menghindari minuman yang membuat dehidrasi seperti kopi dan soda.
   Hindari makanan yang digoreng  atau terlalu pedas. Makan ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa karena sulit dicerna tubuh dan akan memicu masalah kesehatan serius.

Sebagai gantinya, Rini menyarankan agar makanan diolah dengan cara direbus atau dipanggang dan mengurangi porsi karbohidrat selama puasa. Sebaliknya, perbanyak serat dan protein. Tujuannya adalah untuk membuat perut kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan. (sar/sul/hmsprov).

Berita Terkait
Government Public Relation