Selaraskan Program Kegiatan Melalui Pelaksanan Forum SKPD

SAMARINDA - Forum Satuan  Kerja Perangkat Daerah (SKPD) merupakan salah satu tahapan dalam menyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) sebelum  Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD provinsi. Tujuan pelaksanaan forum ini adalah untuk menyelaraskan program prioritas SKPD 2017 dengan usulan kabupaten/kota  dari hasil Musrenbang yang akan diakomodir dalam Rencana Kerja (Renja) SKPD provinsi.

RKPD Provinsi Kaltim yang disusun  merupakan dokumen perencanaan daerah periode 2017 berdasarkan arah kebijakan pembangunan daerah, serta mengacu pada dokumen  RPJMD Kaltim 2013-2018.

"Melalui Forum SKPD yang dilaksanakan dan diawasi oleh Bappenas RI diharapkan SKPD provinsi dan kabupaten/kota bisa menyelaraskan program-program  daerah dengan program prioritas pembangunan nasional sebelum pelaksanaan Musrenbang provinsi," kata Plh Sekprov Kaltim Dr Meiliana saat membuka Forum SKPD Provinsi Kaltim dalam rangka

penyusunan RKPD 2017 yang berlangsung di ruang Rapat Renstra Kantor Bappeda Kaltim, Selasa (29/3).

Komunikasi dan koordinasi antara  provinsi dan kabupaten/kota  dan pemerintah pusat harus lebih intensif dilakukan, sehingga penyelarasan program di daerah bersinergi dan bisa  berkontribusi dalam program prioritas pembangunan nasional.

"Dengan selarasnya program daerah dengan prioritas pembangunan nasional, maka dana bisa cepat turun. Karena itu komunikasi dan koordinasi harus diintensifkan," seru Meiliana.

Keberhasilan pembangunan Kaltim merupakan keberhasilan kolektif dari peran provinsi bersama-sama pemerintah pusat dan kabupaten/kota serta masyarakat. Oleh karena itu, keberhasilan yang dicapai tersebut harus terus ditingkatkan sebagai upaya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

"Mari kita rapatkan barisan untuk bekerja bersama secara sinergis dan terus melaksanakan program-program pembangunan daerah," kata Meiliana. (mar/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait