Semarak Pekan Liburan Lebaran di Anjungan Kaltim

Semarak Pekan Liburan Lebaran di Anjungan Kaltim

 

JAKARTA - Selama sepekan di Hari Raya Idul Fitri 1435 H Taman Mini “Indonesia Indah” (TMII) Jakarta dipadati pengunjung. Antusiasme para pengunjung yang datang dari berbagai penjuru daerah bahkan luar negeri terlihat dari banyaknya wisawatan.

Keanekaragaman objek wisata yang ada di TMII menjadi daya tarik utama, satu diantaranya adalah Anjungan Kalimantan Timur.

Jumlah pengunjung setiap hari berkisar 576 orang dan mencapai puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu, 2-3 Agustus 2014 lalu dengan jumlah pengunjung 815 orang. Sementara itu dari Hari Idul Fitri pertama 28 Juli  hingga berakhirnya Pekan Liburan Lebaran jumlah pengunjung mencapai 5.320 orang.

Dari beberapa informasi yang dihimpun Pramu Wisata dan Pramu Budaya Anjungan Kaltim, pengunjung umumnya berasal dari daerah Jakarta dan sekitarnya yang sengaja datang menghabiskan liburan Lebaran tahun ini dengan mengajak keluarganya untuk lebih mengenal adat istiadat dan budaya di Tanah Air. 

Selain itu para wisatawan daerah dan wisatawan asing juga terlihat datang walau hanya mengambil dokumentasi atau secara khusus melihat aneka keunikan seni budaya lokal yang mewakili 15 Kabupaten /Kota yang ada di Kalimantan Timur.

Kasi Promosi dan Informasi selaku Pimpinan Anjungan Kalimantan Timur, Hj Dra Novarita menjelaskan, dengan adanya Pekan Liburan Lebaran 2014 ini diharapkan mampu mengangkat potensi pariwisata yang ada di Kalimantan Timur lewat Anjungan Kalimantan Timur yang tidak hanya sekedar menjadi tempat tujuan wisata tapi juga mampu menjadi jembatan dalam mempromosikan Pariwisata Kalimantan Timur di Indonesia maupun mancanegara.

FESTIVAL RAMADHAN

Festival Ramadhan Nusantara TMII ke-3 adalah event tahunan yang digagas secara rutin TMII. Untuk Ramadhan tahun ini kegiatan dipusatkan di Kuncungan Sasono Utomo dan area Plaza Tugu Api Pancasila yang berada dalam komplek TMII. Selama sepekan dibuka pelaksanaannya hari Minggu 13 Juni 2 sampai 20 Juli 2014.

Pekan Ramadhan ini diisi berbagai kegiatan antara lain pergelaran kesenian dan kebudayaan bernuasa Islami, Bazaar Ramadhan, kompetisi/lomba seperti lomba qasidah antar Majelis Taklim, lomba Marawis, beauty class hijab tutorial serta talkshow tip berbusana muslim dengan menghadirkan Ratih Sanggarwati sebagai narasumber.

Pada kesempatan yang sama hadir juga Umi Tatu yang juga Ibunda Alm Ustadz Uje yang memberikan tausiah sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Kegiatan yang berlangsung semarak ini pelaksanaannya didukung bersama oleh seluruh Anjungan yang berada dalam wilayah TMII, tanpa terkecuali Anjungan Kalimantan Timur.

Selama sepekan dari pembukaan hingga akhir kegiatan Festival Ramadhan 2014, Anjungan Kalimantan Timur turut serta dalam kegiatan Bazaar Ramadhan 2014 ini. Kegiatan ini adalah bentuk peran aktif dan partisipasi penuh terhadap seluruh kegiatan dari Taman Mini “Indonesia Indah”

Di bawah unit kerja Kantor Penghubung pimpinan Nurlimansyah dan koordinasi Kasi Promosi dan Informasi selaku pimpinan Anjungan Kalimantan Timur TMII Jakarta, Hj Dra Novarita MM, menjadikan kegiatan ini merupakan bentuk pencitraan yang positif dan dukungan terhadap program dari Taman Mini “Indonesia Indah” yang diharapkan mampu menjadi jembatan dalam mempromosikan seni dan budaya Kalimantan Timur ke masyarakat luas. (wiena/kanhub jkt/hmsprov)

//Foto: BERPARTISIPASI. Penampilan kesenian Kaltim turut menyemarakkan kegiatan Ramadhan di TMII Jakarta. (kanhub jakarta/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait