Seminar Alquran MTQ Korpri III Tingkat Nasional, Momentum Tingkatkan Pengamalan Alquran


 

SAMARINDA - Meramaikan rangkaian Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri III Tingkat Nasional 2016 juga digelar seminar Alquran dengan menghadirkan nara sumber mantan Wakil Menteri Agama Prof Dr H Nazaruddin Umar dan dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda Dr H Iskandar Z.M.Ag.

Seminar Alquran dengan tema "Revolusi Mental dalam Alquran" digelar  di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, secara resmi dibuka oleh Ketua Umum DP Korpri Dr H Zudan Arif Fakhrullah diwakili Karo Umum Sekjen DP Korpri Nasional Drs H Ghozali Amirsyah.

Ghozali Amirsyah mengatakan,  seminar Alquran merupakan momentum yang sangat tepat, diharapkan seminar ini dapat meningkatkan penghayatan dan pengamalan Alquran sehingga bisa diwujudkan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

"Pelaksanaan seminar ini dapat dijadikan momentum untuk lebih mendalami dan memahami kitab suci Alquran, termasuk cara membaca yang benar bagi jajaran Korpri," kata  Ghozali Amirsyah, Selasa (15/11).

Alquran sebagai kitab suci menurut dia, diturunkan menjadi tuntunan dan pegangan serta memiliki hikmah pendidikan karakter bagi umat manusia agar selamat dunia dan akhirat.

Karenanya, pendidikan karakter bangsa harus dimulai dan melibatkan agama sebab sangat seiring dengan pembangunan manusia Indonesia yang berakhlak dan berbudi luhur.

Sesungguhnya penyelenggaraan MTQ dalam rangka meningkatkan pemahaman atas kandungan ayat-ayat suci Alquran, karena sebaik-baiknya manusia adalah yang membaca dan mengamalkan Alquran.             

"Agama mengajarkan agar kita berakhlak dan berbuat baik kepada orang lain. Demikian sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat maka pegawai harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat," ujarnya.

Dikatakan, Korpri yang berdiri sejak 1971 pada saat ini beranggotakan lebih dari 4,5 juta orang yang merupakan pegawai negeri sipil (PNS), dimana 90 persen  diantaranya beragama Islam. Oleh karena itu MTQ yang diselenggarakan  dewan Korpri baik pada penyelenggaraan yang pertama di Sulawesi Selatan dan MTQ kedua di Provinsi Aceh serta yang ketiga di Provinsi Kaltim dapat berjalan lancar dan sukses sesuai harapan.

Ghozali Amirsyah  menambahkan, atas nama Dewan Pengurus  Korpri Nasional memberikan apresiasi kepada Pemprov Kaltim yang telah memfasilitasi penyelenggaraan MTQ Korpri III Tingkat Nasional 2016. (mar/sul/es/humasprov)

Berita Terkait