Seminar Nasional Mendukung Pertahanan Negara di Kaltim

Jaga NKRI  dengan Persatuan dan Kesatuan

SAMARINDA- Kunci utama dalam pelaksanaan program-program pembagunan di berbgai sektor dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah  adalah terciptanya situasi keamanan yang kondusif. Untuk menjaga keamanan tersebut bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, tetapi seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat.

"Upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di berbagai sektor terus dilaksanakan, baik saat ini maupun  di masa yang akan datang, namun tentunya  semakin berat. Oleh karena itu diperlukan partisipasi masyarakat untuk selalu menjaga pesatuan dan kesatuan," kata Awang Faroek Ishak saat membuka Seminar Nasional Peranserta Pemerintah Daerah dalam Menjaga Kebijakan Pertahanan Negara di Daerah yang dilkasanakan oleh  Koordinator Daerah Desk Pengendali Pusat Pertahanan Wilayah Kaltim (Kemenhan) RI, di Lamin Etam, Rabu (11/11).

Sebagai warga negara Indonesia, maka seluruh komponen masyarakat sama-sama memiliki tugas dan tanggung jawab serta bisa berpartisipasi  dalam melaksanakan pembangunan. Tidak terkecuali dalam menjaga ketertiban dan keamanan sehingga tercipta persatuan dan kesatuan, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap terjaga.

"Sehubungan dengan itu,  melalui seminar  nasional dengan tema; “Peranserta Pemerintah Daerah dalam Mendukung Kebijakan Pertahanan Negara”, kami juga mengajak seluruh stkeholder dan lapisan masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan," ujar Awang lagi.

Menurut Awang Faroek,  semua harus dapat berpartisipasi dalam pembangunan, karena dalam pembangunan harus ada yang melaksanakan, harus ada yang bertanggung jawab, harus ada yang mengawal dan harus ada yang mengawasi jalannya pembangunan, termasuk tetap  menjaga situasi keamanan yang kondusif.

"Karena itu, Pemprov Kaltim mengharapkan adanya komunikasi yang aktif dan lancar dari semua komponen bangsa dalam  menjaga persatuan dan kesatuan di daerah," kata Awang.

Pemprov Kaltim ujar Gubernur, sangat mendukung pelaksanaan seminar nasional ini dalam rangka upaya bersama memantapkan peran serta daerah dalam menjaga kokohnya NKRI.

Awang mengatakan rakyat Indonesia perlu berterima kasih kepada para pahlawan yang sudah rela berkorban jiwa dan raga untuk memperjuangkan kemerdekaan, dan saat sekarang  ini bangsa Indonesia telah 70 tahun merdeka. Hasil perjuangan kemerdekaan tersebut patut  dijaga dengan memperkokoh persatuan dan kesatuan.

Ketua panitia penyelenggaran Seminar Nasional Letkol Laut Agus Subagyo yang juga selaku Desk Pengendalai Pusat Kantor Wilayah Koordintor Kaltim Kemenhan RI, mengatakan  tujuan seminar nasional ini agar para peserta seminar mengetahui peranserta pemerintah daerah dalam mendukung kebijakan pertahanan negara di daerah, khususnya di Kaltim. Selian itu peserta juga mengatahui peran serta pemerintah daerah dalam inplementasi otonomi daerah dalam prespektif pertahananan negara.

"Sementara sasaran seminar nasional ini adalah nanti terwujudnya peranserta pemerintah daerahn dalam mendukung pertahanan negara di Kaltim," kata Agus Subagyo.(mar/humasprov)

//Foto: Ketua Panitia Penyelenggaran Seminar Nasional Letkol Laut Agus Subagyo bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. (fajar/humasprov kaltim).

 

Berita Terkait
Government Public Relation