Kalimantan Timur
Semprot dan Masker

Ist

Sejumlah petugas menyisir sisi-sisi Gang Kenangan RT 41 Kelandasan Ilir, Kecamatan Balikpapan Kota. Tangki berisi disinfektan masih terisi penuh menempel di punggung mereka.

 

Satu per satu rumah di kawasan itu disemprot, mulai dari depan gang, halaman rumah warga, parit, sampai  gagang pintu pun tak lepas dari penyemprotan. 

 

Hampir semua sudut gang  basah dengan cairan pembasmi virus itu. Saat cairan menipis, petugas kembali mengisi tangki yang mulai terasa ringan hingga semua target tuntas disemprot.

 

Penyemprotan kemudian berlanjut ke Pasar Kebun Sayur di sudut lain Kota Balikpapan. Pasar menjadi salah satu target penyemprotan, karena potensi penyebaran Covid-19 sangat tinggi di tengah kerumunan. 

 

"Benar sekali, rekan-rekan di daerah masih fokus melanjutkan penyemprotan disinfektan. Kita tentu berharap masyarakat juga memberi dukungan dengan selalu berdisiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim Yudha Pranoto, Kamis (6/8/2020).

 

Hari yang sama Rabu kemarin, petugas BPBD Kaltim juga melakukan penyemprotan disinfektan ke Masjid Darul Falihin Komplek Batu Alam Permai.

 

Sasaran penyemprotan kemudian dilanjutkan ke sejumlah unit kerja Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim. Di antaranya UPTD BPPSDMP, UPTD Proteksi Tanaman Pangan dan Hortikultura, UPTD Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura.

 

"Selain itu, Rabu kemarin kami juga membagikan masker ke sejumlah dinas/badan. Antara lain, Dispora, Disbun, BPSDM serta Dinas Kelautan dan Perikanan," sebut Yudha. (sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait