Semua Pihak Berperan Atasi DBD

SAMARINDA-Penanganan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kaltim harus dilakukan secara bersama dan melibatkan semua komponen daerah. Wagub Kaltim HM Mukmin Faisyal HP mengatakan, dengan penanganan secara bersama-sama, baik oleh unsur pemerintah dan masyarakat, maka ke depan diharapkan tidak ada lagi korban jiwa akibat virus dari nyamuk aedes aegepty itu.

“Ini harus serius ditangani. Semua lapisan masyarakat bertanggungjawab mengatasi permasalahan tersebut. Apalagi, petugas yang menangani hal itu harus betul-betul bekerja dengan baik, sehingga akibat dari virus tersebut tidak menambah korban jiwa lagi,” kata Mukmin Faisyal usai menghadiri Manasik Akbar dan Pembukaan Rapat Kerja Nasional ke-I PT Arafah Tamasya Mulia (ATM) di Balikpapan, pekan lalu.

Menurut Waguh, penyakit ini jangan dianggap enteng. Sebab  penyakit ini dapat menimbulkan kematian, baik orang tua, termasuk anak-anak.  Terkait kondisi ini, Pemprov Kaltim akan segera menyampaikan laporan kepada pemerintah pusat.

Setelah menerima laporan itu, diharapkan pemerintah pusat dapat merespon agar ada penanganan serius. Namun demikian, Mukmin meminta kepada masyarakat untuk melaksanakan prilaku hidup sehat, yaitu membuang sampah pada tempatnya serta melaksanakan 3M, yakni menguras, menutup dan mengubur.

Menguras bisa diartikan, bukan hanya sekedar menguras, tetapi jentik-jentik yang ada juga harus mati.

“Saya harapkan masyarakat peka terhadap lingkungan yang kotor, sehingga segera dibersihkan. Selain itu, pihak terkait saya minta untuk rutin melakukan fogging atau pengasapan di lingkungan masing-masing sehingga permasalahan ini dapat diminimalisir,” jelasnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation