Senin Nilai Hasil UN SD Serentak Diumumkan

SAMARINDA- Pengumuman Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) se Kaltim disampaikan, Senin 10 Juni 2013 secara serentak di Kaltim. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Disdik Kaltim Dr H Asli Nuryadin usai penyerahan berkas nilai hasil UN SD)se Kaltim di Kantor Disdik Kaltim, Kamis (6/6).

Menurut dia, nilai hasil UN disampaikan masing-masing Pemerintah Kabupaten dan Kota melalui Disdik Kabupaten dan Kota se Kaltim. Tahun ini, sambung dia, jumlah peserta UN SD se Kaltim mencapai 71.372, lebih banyak dari pada tahun ajaran 2011/2012 yang hanya mencapai 69.226.

"Jadi, mengenai presentase lulusan semua ditentukan masing-masing Pemkab dan Pemkot di setiap provinsi, terutama di Kaltim yang rencana pengumumannya disampaikan Senin 10 Juni ini. Sedangkan mengenai rata-rata nilai dari masing-masing bidang studi yang diujikan mengalami peningkatan," kata Asli Nuryadin mewakili Kadisdik Kaltim H Musyahrim di Samarinda.

Nilai-rata-rata hasil UN SD untuk bidang studi Bahasa Indonesia, yakni untuk 2012/2013 mencapai 7.14, lebih tinggi dari 2011/2012 yang hanya mencapai 7.06. Sementara bidang studi IPA tahun ini rata-rata nilai mencapai 7.15, lebih tinggi darin 2011/2012 yang hanya mencapai 6.96. Namun yang disayangkan adalah, nilai rata-rata UN bidang studi matematika yang menurun hanya mencapai 6.09 dan tahun sebelumnya mampu mencapai 6.45.

Menurut dia, penurunan yang terjadi pada nilai UN matematika diharapkan dapat dievaluasi dari masing-masing sekolah, guru dan pemerintah untuk meningkatkan. Sehingga ke depan nilai rata-rata itu dapat meningkat.

"Ini tentu harus dievaluasi, di mana kelemahan yang dialami peserta didik dan pengajar. Sebab, matematika adalah pelajaran yang menjadi perhatian khusus bagi seluruh siswa dan siswi. Namun, diharapkan ke depan, harus dilakukan metode baru dalam pengajarannya, sehingga siswa dapat lebih nyaman menerima pendidikan tersebut," jelasnya.

Selain itu, mengenai siswa yang meraih tiga besar nilai tertinggi UN SD se Kaltim, yakni pertama diraih Kartika Indah Susilowati dari SDN 030 Balikpapan Selatan dengan nilai total UN 29.20, kedua diraih Viola Dwi Prastica Winokan dari SDN 006 Samarinda Ilir dengan nilai total 28.95 dan ketiga diraih Nur Aini Wirda Lestari dari SDN 002 Sangatta Utara dengan nilai total 28.90.

Sementara untuk siswa yang meraih tiga besar nilai UN tertinggi dari Madrasah Iftidaiyah (MI), yakni pertama Efi Ina Nastain dari MIN 2 Model Samarinda Ilir dengan nilai total 28.10, kedua Hbib Fahmi Faiza dari MI Ni'matul Ulum Muara Lawa dengan nilai total 28.00 dan ketiga diraih Syahida Usama Firdaus MIN 2 Model Samarinda Ilir dengan nilai total 27.85.(jay/hmsprov)

Foto: Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Disdik Kaltim Dr H Asli Nuryadin menyerahkan berkas nilai hasil UN Sekolah Dasar (SD) se Kaltim, yang diterima Kepala Disdik Samarinda Ibnu Araby. (jaya/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation