Seperti Beli Sendiri di Mal atau Toko Pakaian

Seperti Beli Sendiri di Mal atau Toko Pakaian

 

Lebnaran Idul Fitri 1435 Hijriah segera tiba. Beragam cara umat Islam menyambut kedatangannya. Namun yang cukup menonjol adalah dengan pakaian yang serba baru, meskipun tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Dalam kaitan itu, Pemerintah Provinsi Kaltim memberi apresiasi yang tinggi kepada para-pihak yang peduli terhadap masalah kehidupan sosial masyarakat, tidak terkecuali pada momen-momen menjelang lebaran Idul Fitri tahun ini. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Provinsi Kaltim yang pekan tadi berinisiatif menghimpun dan menyalurkan pakaian layak pakai untuk masyarakat kurang mampu.

Direktur Eksekutif PKBI Kaltim Sumadi Atmodiharjo mengatakan, pakaian layak pakai yang dihimpun berasal dari para donatur seperti Bank Pembangunan Daerah (Bankaltim) Bankaltim Syariah, Ikatan Wanita Bank (Iwaba), Dinas Sosial Kaltim, PT. MSI, BPMP Samarinda, Dompet Dhuafa, Bank Bukopin, Duta Pemuda KNPI Samarinda, Putra Putri pariwisata, Remaja batik, Forum remaja, Forum Anak, Fasilitator Remaja dan HIV/AIDS, PL/Outreach PKBI dan penyumbang perorangan dari masyarakat.

Kegiatan ini ujar Sumadi sebagai kelanjutan tahun lalu. Begitu pula dengan cara penyalurannya. Yaitu PKBI berusaha mengubah sistem penyaluran yang umumnya dilakukan orang, yakni tidak diserahkan langsung kepada si penerima, tetapi si penerima dipersilakan datang dan memilih sendiri pakaian yang diinginkan. Layaknya seperti beli sendiri di mal atau toko pakaian.

PKBI Kaltim kemudian mendirikan tenda di halaman Gedung PKBI Kaltim Jl Letjend Suprapto. Ketika itu, Sabtu (12/7) lalu para penerima datang dengan membawa kupon yang diberikan oleh Panitia. Moeran Gautama yang juga seorang panitia penyaluran mengatakan, jumlah penerima sebanyak 350 orang. “Merek adalah keluarga tidak mampu. Utamanya datang dari Kelurahan Gunung Kelua, Air Hitam, Sempaja Utara, Sempaja Selatan dan Dadi Mulya,” katanya.

Sampai 11 Juli lalu pihaknya berhasil menghimpun pakaian layak pakai sebanyak 2.231 lembar berupa pakaian wanita, pakaian pria dan pakaian anak-anak. Selain itu ada pula seragam sekolah, tas, sepatu dan sandal, jaket, jilbab, mukena baru, sarung baru, kaos kerah dewasa baru, baju anak-anak lali dan perempuan baru yang jumlahnya 476 lembar. Selain itu, juga terdapat 690 lembar pakaian lainnya yang bisa dipilih..

Sementara itu Ketua Iwaba Maulida Rahmayanti yang turut hadir bersama anggotanya pada saat penyaluruan mengatakan, Iwaba sangat gembira turut berpartisipasi dalam kegiatan yang bertajuk Ramadhan Cerita itu. “Ini merupakan bagian dari bentuk kepedulian kami semua,” katanya.

“Semoga penyalurah pakaian melalui kegiatan Ramadhan Ceria ini memberi banyak manfaat bagi Saudara-suadara kita yang tidak mampu dan sama-sama nantinya dapat berbahagia menyambut lebaran Idul Fitri,” tambah Moeran di sela ramaianya kedatangan masyarakat yang akan memilih pakaian yang diinginkan masing-masing.(ri/hmsprov).

Foto: Kegiatan Ramadhan Ceria PKBI Kaltim dengan aneka pakaian yang siap dipilih sesuai keinginan masing-masing. (ist).

 

Berita Terkait