Serah Terima 40 Mahasiswa Program PKU Unida Gontor

Sabani mewakili Pemprov Kaltim menerima secara simbolis mahasiswa lulusan program PKU dari Rektor Universitas Darussalam(Unida) Gontor Dr Hamid Fahmi Zarkasyi. (seno/humasprov)

 

SAMARINDA - Sebanyak 40 mahasiswa utusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim yang dikirim mengikuti program Pendidikan dan Kaderisasi  Ulama (PKU) di Universitas Darussalam(Unida) Gontor telah berhasil melaksanakan proses belajar selama 6 bulan dan diserahkan kembali ke Pemprov Kaltim. Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim Muhammad Sabani mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menberikan apresiasi kepada MUI Kaltim  yang telah mengirimkan 40 mahaiswa Kaltim untuk mengikuti program pendidikan dan kaderisasi ulama di Unida Gontor.

 

Selain MUI Kaltim, lanjutnya apresiasi juga disampaikan kepada  Rektor Unida Gontor yang telah berhasil melakukan pendidikan dan pembinaan kepada mahasiswa utusan MUI  Kaltim dengan berhasilnya para mahasiswa Kaltim yang menempuh pendidikan dan kaderisasi ulama. "Oleh karena itu,  kita diharapkan  kepada mahasiswa yang berhasil mengikuti pengkaderan ulama, nantinya  bisa menerapkan ilmunya dalam memberikan dakwah yang humanis dan riil untuk bagaimana mengembangkan para pemuda-pemudi dan masyarakat untuk di ajak ke jalan kebaikan," kata Sabani pada acara serah terima peserta program PKU Gontor  yang  dilaksanakan di Lamin Etam, Senin (5/2).  

 

Selain itu, Sabani  mengatakan saat ini peran dakwah dari para ulama maupun para alumni PKU Gontor  sangat penting  dalam membentegi para generasi muda terhadap kenakalan remaja, pergaulan bebas, LGBT (lesbian, gay, biseksual dan transgender), narkoba serta pergaulan negatif lainnya. "Dengan penyerahakan kembali mahasiswa utusan Kaltim yang telah mengikuti pendidikan dan kaderisasi ulama di Unida Gontor, tentu diharapkan para kader-kader tersebut   mampu berkreasi  memberikan dakwah  di dalam masyarakat," pesan Sabeni.

 

Sementara Rektor Unida Gontor Dr Hamid Fahmi Zarkasyi mengatakan program PKU adalah program yang diadakan MUI pusat yang bekerjasama dengan Pondok Modern Gontor dimulai sejak tahun 2009 dan saat ini sudah pada periode yang  ke-11. "MUI Kaltim dalam dua tahun ini telah mengirimkan putra-putri Kaltim  dan pada setiap pengiriman berjumlah 40 orang, selaku pelaksana program PKU perwakilan Kaltim telah berhasil melaksanakan studinya dengan sebaik-baiknya dengan prestasi yang gemilang," kata Hamid Fahmi Zarkasyi.

 

Ditambahkan, program PKU merupakan program untuk mempersiapkan calon-calon ulama pada masa yang akan datang khususnya di dalam menghadapi tantangan pemikiran yang tidak banyak dipikirkan oleh orang. Dalam acara itu Sekretraris Umum MUI Kaltim H Syahrudin Tarmizi  melantik pengurus alumni program PKU Unida Gontor Kaltim yang diketuai  Muhamad Hanif SH. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation