Seribu Peserta Ikuti BIMP-EAGA IX 2016 di Kaltim

 

SAMARINDA- Provinsi Kaltim kembali dipercaya menjadi penyelenggara even olahraga yang sebelumnya di tingkat nasional, yakni PON XVII 2008 dan kini Kaltim kembali melaksanakan even olahraga tetap dengan skala Internasional, yaitu Brunai Indonesia Malaysia Philipina-East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Friendship Games IX 2016 yang dilaksanakan sejak 6-12 Desember 2016 di Samarinda, Kaltim.

Peserta dipastikan kurang lebih 1.000 atlet dan official yang diperkirakan hadir di Kaltim, tepatnya di Samarinda. Menjelang even tersebut, persiapan telah dilakukan Pemprov Kaltim, terutama terkait venue yang akan menjadi lokasi pertandingan para peserta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Fachruddin Djaprie mengatakan peserta dipastikan 6 Desember 2016 sudah berada di Bumi Etam Kaltim. Pembukaan direncanakan Senin malam, 7 Desember 2016 di Convention Hall Samarinda.

Sedangkan Liaison Officer (LO) siap membantu para peserta sejak dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan hingga ke Samarinda. Begitu juga ketika peserta kembali ke daerah masing-masing, sejak dari Samarinda ke Balikpapan akan didampingi LO. Bahkan transportasi peserta dari bandara hingga ke Samarinda telah disiapkan atau difasilitasi panitia.

“Tanggal 6 Desember 2016 peserta sudah masuk ke Kaltim,” kata Fachruddin Djaprie di Kantor Dispora Kaltim, Kamis (1/12).

Fachruddin mengatakan dari kurang lebih 1.000 peserta terdiri dari 15 kontingen, yakni Brunai, Malaysia (Sabah, Serawak, Labuan), Philipina (Belawan dan Mindanao), Indonesia (Kaltim, Kalteng, Kalsel, Kalbar, Kaltara, Sulsel, Sulawesi Utara dan Maluku serta Australia (Darwin).

Cabor yang dilaksanakan, yakni tenis meja, panahan, atletik, volley pantai, futsal, takraw, basket, badminton, pencak silat, karate, tenis lapangan dan pertandingan eksibisi golf. “Peserta yang mengikuti usia maksimal 21 tahun,” jelasnya.

Terkait teknis pertandingan, Tim Aju telah berada di Kaltim, 1 Desember 2016 ini. Untuk mengetahui dan memantapkan persiapan pertandingan di masing-masing venue. Sedangkan technical meeting tidak serentak dilaksanakan, yaitu disesuai dengan panitia pelaksana di masing-masing cabang olahraga.

Selain itu, terkait dengan akomodasi peserta atau penginapan peserta selain diinapkan di Asrama Atlet di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, peserta juga telah menentukan tempat menginap di sejumlah hotel di Samarinda.

“Bahkan Philipina dan Australia sudah menetapkan hotel untuk kontingen mereka,” jelasnya.

Tujuan kegiatan ini untuk mempererat silaturrahim antar lingkup satu rumpun di ASEAN. Sifatnya adalah persahabatan. Melalui kegiatan ini membangun hubungan yang baik antar Negara se ASEAN.

“Selain olahraga juga ada budaya yang ditampilkan dalam even tersebut yang dibawakan masing-masing peserta. Kegiatan direncanakan dibuka Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak selaku tuan rumah,” jelasnya.(jay/humasprov)

Berita Terkait