Sertifikasi Guru Tingkatkan Kualitas SDM


 

SAMARINDA - Mewujudkan peningkatan kualitas peserta didik tentu peran guru yang berkualitas. Mendukung guru yang berkualitas, diperlukan sertifikasi guru, khususnya sertifikasi keahlian guru, baik dari jenjang Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

Sertifikasi ini dalam rangka meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Sertifikasi juga sebagai solusi jangka panjang untuk pemenuhan guru yang tidak produktif di sekolah.

“Artinya, dengan sertifikasi dapat mendukung peningkatan keahlian guru, sehingga mewujudkan SDM berkualitas di masa akan datang,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Dayang Budiati di Kantor Disdik Kaltim, Jumat (11/11).

Melalui peningkatan sertifikasi guru, diharapkan para guru mendapatkan keahlian tambahan, sehingga mampu membina dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang dimiliki ke peserta didik. Apalagi ke depan tuntutan kualitas guru semakin tinggi, terutama guru harus mengetahui ilmu pengetahuan dan teknologi (IT) atau melek IT.

Bahkan, mendukung sertifikasi guru Pemprov Kaltim terus mengalokasikan anggaran dalam menunjang kualifikasi pendidikan guru yang harus minimal sarjana (S1). Jika guru Kaltim ke depan telah memiliki sertifikasi, diharapkan mutu pendidikan Kaltim juga semakin baik.

“Sertifikasi ini penting, selain meningkatkan mutu pendidikan juga mendukung kesejahteraan guru dalam mendapatkan tunjangan sertifikasi. Yang jelas, saat ini ada lebih dari 13.000 guru yang telah disertifikasi di Kaltim,” jelasnya. (jay/aul/es/humasprov)

Berita Terkait